Baves Bagikan Takjil di Jalan Baznaz Buka Bersama 14.000 Anak Yatim

by -31 views

Baves Bagikan Takjil di Jalan Baznaz Buka Bersama 14.000 Anak Yatim

Jatinangorku.com – Badan Amil Zakat Nasional (Baznaz) menggelar buka bersama yang dihadiri 14 ribu anak yatim piatu dan duafa di area Lapangan Al Masoem, Jalan Raya Cipacing, Kab. Sumedang, Selasa (15/7).

Acara tersebut dimaksudkan untuk memberikan banyak manfaat kepada para muzaki dan mustahik, sekaligus membahagiakan dan memotivasi anak yatim dan duafa.

“Mengumpulkan anak yatim dan duafa dalam lingkungan minoritas tentunya menjadi kebahagiaan tersendiri,” kata Ketua Umum Baznaz Prof. Dr. Didin Hafidhuddin, M.Sc., melalui Corporate Legal Secretary, Hermin R. Rachim.

Pada buka bersama yang juga dihadiri pengurus Baznaz kabupaten/kota, pemerintah daerah, pimpinan BUMN, tokoh masyarakat, dan ormas Islam, dikatakan Rachim, Baznaz pun memberikan kesempatan kepada para tokoh dan donatur untuk berbagi secara langsung kepada peserta.

“Semakin banyak pihak yang dapat terbantu, baik dalam sisi pemenuhan kebutuhan hidup, pendidikan akademik, dan karakter, serta akhlak yang baik,” ujarnya.

Selain acara buka bersama itu, katanya, Baznaz pun menyelenggarakan berbagai kegiatan penyaluran dan sosialisasi zakat selama bulan Ramadan, seperti Festival Rampag Bedug, pesantren kilat di atas KRI Tanjung Nusanive, dan kegiatan lainnya..

Acara tersebut, menurutnya, menjadi momen bulan suci Ramadan yang merupakan bulan istimewa dan diidamkan seluruh umat Islam untuk meraih pahala.

Oleh sebab itu, tambahnya, seluruh umat Islam berlomba-lomba meraih pahala dengan menyebar kebaikan kepada seluruh umat, khususnya yatim piatu dan duafa.

Buka bersama, lanjut Hermin, merupakan tahun kelima Baznaz, bekerja sama dengan Baznaz kabupaten/kota yang juga diadakan di 14 kota, yakni Pangkal Pinang, Padang, Palembang, Banten, Jakarta, Bandung, Yogyakarta, Surabaya, Semarang, Balikpapan, Berau, Denpasar, Makassar, dan Mataram.

“Sebelumnya, Denpasar dan Padang sudah memulai lebih dulu pada 12 Juli. Waktunya disesuaikan karena anak-anak tidak dapat izin tidak masuk sekolah, jadi digelar hari libur,” pungkasnya.

Komunitas Vespa

Sementara, ratusan anggota komunitas pencinta Vespa yang tergabung dalam klub Baves (Barudak Vespa) membagi-bagikan takjil gratis kepada pengguna jalan di sekitar Alun-alun Tanjungsari, Senin (13/7).

Dikatakan Ketua Baves Jabar, Dadan Tejho, kegiatan bagi-bagi takjil tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilakukan Baves setiap bulan Ramadan.

“Harus selalu ada kegiatan positif yang dilakukan, apalagi ini bulan Ramadan. Setidaknya, ungkapan ‘indahnya berbagi’ itu bisa kami rasakan juga dengan agenda ini, sekaligus acara buka puasa bersama,” kata Tejho kepada “GM” di sela-sela pembagian takjil.

Selain ingin berbagi dengan masyarakat yang sama-sama menjalankan ibadah puasa, lanjutnya, Baves pun ingin agenda ini jadi ajang silaturahmi di antara anggota Vespa.

“Berhubung anggota Vespa kami ini jumlahnya ratusan, sehingga tidak setiap hari bisa bersilaturahmi. Jadi dengan kegiatan ini diharapkan silaturahmi antaranggota Baves bisa terjaga,” ungkapnya.

Tejho pun berharap kegiatan-kegiatan positif yang diselenggarakan klub Baves ini bisa mengubah pandangan negatif terhadap klub motor, khususnya komunitas pencinta Vespa.

“Pandangan banyak orang mungkin lebih sering negatif terhadap klub motor. Kami ingin menepis itu semua karena klub motor pun memiliki sisi positif dalam kehidupannya,” terangnya.

Selain itu, katanya, meski bagi-bagi takjil bisa dikatakan menjadi tradisi yang selalu ditemui selama bulan Ramadan, ini bisa menjadi alternatif membantu mayarakat yang kebetulan tidak sempat berbuka di rumah.

“Tidak sedikit orang yang harus berbuka di jalan karena berbagai alasan. Ya, takjil ini setidaknya membantu mereka. Jangan dilihat besar kecilnya, yang penting manfaatnya,” ujarnya.

Tejho menambahkan, tak hanya bagi-bagi takjil, agenda sahur on the road pun menjadi rencana yang akan digelar Baves di bulan Ramadan ini.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/