BCA Butuh 2-3 Minggu untuk Perbaiki ATM Dampak Gangguan Satelit

by -177 views

BCA Butuh 2-3 Minggu untuk Perbaiki ATM Dampak Gangguan SatelitPT Bank Central Asia (BCA) Tbk menyampaikan permohonan maaf atas layanan ATM (anjungan tunai mandiri) BCA akibat gangguan satelit Telkom 1. Meski demikian, BCA tetap memberikan solusi perbankan secara aman dan nyaman dengan menggunakan beragam cara seperti Debit BCA, BCA mobile, klikBCA, maupun layanan lainnya.

Presiden Direktur BCA Jahja Setiaatmadja menegaskan hal itu dalam konferensi pers mengenai operasional ATM akibat gangguan satelit Telkom 1. Keterangan pers dilakukan di Menara BCA, Jakarta, Senin 28 Agustus 2017.

Terkait kejadian itu, ujar Jahja, BCA memerlukan waktu sekitar 2-3 minggu untuk memperbaiki dampak gangguan tersebut. Sebanyak 5.700 ATM BCA mengalami offline karena terdampak gangguan satelit itu. Dia memastikan dua tim yakni tim dari internal BCA serta tim dari provider jasa satelit sedang bekerja untuk mengalihkan sinyal untuk sementara. Ditargetkan dalam satu hari dapat memperbaiki sekurangnya operasional 200 ATM.

“Jadi setiap hari akan ada 200 ATM yang bisa beroperasi,” kata Jahja.

Terkait hal itu, BCA membebaskan biaya transaksi tarik tunai di ATM bank lain selama perbaikan layanan. “Kami memberikan kebebasan, tetapi tidak dibebaskan langsung. Secara sistem akan dikembalikan, dikredit kembali pada akhir bulan ya (ke rekening nasabah BCA),” kata Jahja.

BCA mengenakan biaya tarik tunai sebesar Rp 7.500, jika nasabah melakukan transaksi di ATM bank lain. Hanya saja, pembebasan biaya ini hanya berlaku bagi transaksi tarik tunai. “Kalau mau cek saldo (dan transaksi perbankan lainnya), bisa di apps, internet mobile banking,” kata Jahja.

BCA, lanjut dia, yang akan menanggung biaya tarik tunai antarbank. Adapun estimasi biaya tarik tunai antarbank mencapai Rp 50 miliar-Rp 70 miliar. “Kurang lebih besaran biayanya segitu. Tergantung juga dengan frekuensi (transaksi) dan kecepatan kami melakukan recovery,” katanya.

Gangguan satelit Telkom 1

Sebagaimana diketahui, satelit Telkom 1 mengalami gangguan berupa pergeseran pointing antena satelit. Untuk memperbaikinya, BUMN ini dibantu oleh Lockheed Martin selaku produsen satelit. ATM dari sejumlah bank mengalami offline, yang di antaranya adalah BCA dan Bank Mandiri. Sebanyak 11.510 ATM BCA masih dapat beroperasi dan melayani layanan perbankan.

“Saat ini sebanyak lebih dari 11.500 jaringan anjungan tunai mandiri yang tersebar di beberapa kota di Indonesia, tetap dapat memberikan layanan kepada nasabah BCA. Nasabah juga tetap dapat mempergunakan beragam solusi perbankan lainnya,” kata Jahja.

Direktur BCA Santoso mengatakan, keadaan ini merupakan kondisi yang berada di luar kendali BCA. Namun BCA memastikan akan berkoordinasi dengan cepat dalam memberikan layanan terbaik kepada para nasabah. “Ini perhatian kami kepada para customer BCA,” katanya.

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com