Begini Rumusan Rancangan Peraturan Menteri tentang Taksi Online

by -85 views

Protes Angkutan Online, Pemprov Jabar Surati Jokowi Pemerintah akhirnya mengeluarkan revisi Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 26 tahun 2017 tentang taksi berbasis aplikasi atau online. Peraturan tersebut mulai efektif berlaku 1 November 2017.

Berikut adalah beberapa poin rumusan yang ada dalam revisi Permenub tersebut:

1. Argometer taksi

Besaran tarif angkutan sesuai yang tercantum pada argometer atau pada aplikasi berbasis teknologi informasi‎ dengan bukti dokumen elektronik

2. Tarif

Penerapatan tarif angkutan sewa khusus dilakukan berdasarkan kesepakatan antara pengguna jasa dan penyedia jasa transportasi melalui aplikasi dengan berpedoman pada tarif batas atas dan tarif batas bawah‎. Tarif ditetapkan oleh Dirjen Angkutan Darat atas usulan Kepala Badan Pengatur Transportasi Jabodetabek (BPTJ) atau gubernur sesuai kewenangannya.

3. Wilayah operasi

Pelayanan angkutan sewa khusus merupakan pelayanan dari pintu ke pintu dan beroperasi pada wilayah operasi yang ditetapkan oleh Dirjen Angkutan Darat atau‎ Kepala BPTJ atau Gubernur sesuai kewenangannya.

4. Kuota

Ditetapkan oleh Dirjen Angkutan Darat‎ atau Kepala BPTJ atau Gubernur Sesuai kewenangannya serta diumumkan kepada masyarakat.

5. Badan hukum

Persyaratan Minimal Lima Kendaraan dapat berhimpun dalam badan hukum berbentuk koperasi.

6. Bukti kepemilikan kendaraan bermotor

BPKB dan STNK Bisa atas nama badan hukum, perorangan, atau koperasi.

7. Domisili TNKB

Angkutan sewa khusus menggunakan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor sesuai dengan wilayah operasi yang ditetapkan

8. SRUT

Salah satu persyaratan permohonan izin bagi kendaraan bermotor baru, melampirkan salinan Sertifikat Registrasi Uji Tipe (SRUT) kendaraan bermotor.

9. Peran aplikator

Memberikan layanan akses aplikasi,‎ merekrut pengemudi, menetapkan tarif, memberikan promosi tarif di bawah tarif batas bawah yang telah ditetapkan.***

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com