Belajar Cinta dan Sinergi Dari B.J. Habibie

by -109 views

Belajar Cinta dan Sinergi Dari B.J. Habibie

Jatinangorku.com – Bagi seorang Bacharuddin Jusuf Habibie, harta terbesar bangsa Indonesia adalah sumber daya manusianya. Hal ini disampaikan mantan orang nomor satu di Indonesia ini dalam penutupan Kongres Diaspora Indonesia ke-2 semalam. Menurutnya, semua orang Indonesia, baik yang tinggal di dalam negeri maupun di luar negeri, harus bersinergi secara positif demi kepentingan bangsa.

“Ciptakan sinergi positif yang mampu menghasilkan karya nyata dan membekas ribuan tahun lamanya. Diaspora Indonesia adalah contoh sinergi positif bangsa Indonesia,” kata Habibie.

Ia juga mengatakan bahwa semangat belajar jangan pernah padam. Bangsa Indonesia harus dapat sejajar dengan bangsa lain dalam berbagai bidang. “Di Jerman, saya menggunakan 24 jam waktu saya untuk bekerja keras. Di sana banyak orang pintar. Satu-satunya cara untuk mengalahkan mereka adalah dengan bekerja keras. Saya tidak mau kalah dengan orang-orang di sekitar saya dalam bidang yang saya geluti.”

Selanjutnya Habibie berbagi tips untuk menggalang sinergi yang positif antar anak bangsa. “Rahasia untuk sinergi positif hanya satu, yaitu cinta!” Ujar Habibie mengutip mendiang istrinya, Hasri Ainun Besari. Ia menjabarkan cinta itu dalam lima aspek kehidupan; cinta terhadap sesama manusia, cinta terhadap karya sesama manusia (termasuk sains), cinta pada pekerjaannya, cinta pada lingkungan, serta cinta pada Tuhan Yang Maha Esa.

Sumber : http://the-marketeers.com