Benahi Permasalahan di Jatinangor

by -306 views

JATINANGOR merupakan kecamatan di perbatasan antara Kota Bandung dan Kabupaten Sumedang. Meskipun merupakan kawasan pendidikan, Jatinangor tidak lepas dari berbagai masalah.

Hal itu pun saya rasakan selama beberapa bulan terakhir ketika menempuh pendidikan di Unpad. Mulai banyak masalah yang saya rasakan di Jatinangor ini. Pertama, lalu lintas yang semrawut serta kemacetan yang tidak terhindarkan. Apalagi pada jam-jam tertentu seperti jam pulang pergi kampus. Kemacetan ini disebabkan oleh beberapa faktor, seperti ruas jalan yang cenderung kecil, perilaku pengguna jalan yang seenaknya, dan ditambah lagi dengan terus bertambahnya jumlah mahasiswa setiap tahunnya. Tak jarang permasalahan lalu lintas ini juga membahayakan para mahasiswa. Kedua, sanitasi dan lingkungan yang kurang indah. Pembangunan yang terjadi dalam tahun-tahun terakhir membawa dampak positif bagi perekonomian Jatinangor. Namun, pembangunan yang ada masih belum dikelola dengan baik sehingga bisa terlihat tata letak bangunan yang belum rapi, kondisi air yang kurang baik, dan tumpukan sampah yang dibiarkan begitu saja.

Demikian beberapa keluhan yang ingin saya sampaikan. Besar harapan saya bahwa Jatinangor bisa berubah ke arah yang lebih baik lagi. Masyarakatnya yang lebih peduli terhadap lingkungan, termasuk di dalamnya adalah kita, para mahasiswa. Pemerintah daerahnya pun diharapkan dapat menjadi aktor utama dalam mengelola perubahan-perubahan yang terjadi di Jatinangor agar dapat tertata dan terkelola dengan baik.

 

 

 

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com