Benarkah Kosmetik Lebih Aman Disimpan di Dalam Lemari Es?

by -28 views

Benarkah Kosmetik Lebih Aman Disimpan di Dalam Lemari Es?

Jatinangorku.com – Beberapa orang menyimpan produk kosmetik di dalam lemari es. Misalnya lipstik, krim pagi, krim malam, dan lain sebagainya.

Alasannya adalah agar kosmetik ini usianya lebih panjang dan tidak mudah terkontaminasi bakteri. Namun benarkah trik tersebut efektif dan bekerja dengan baik?

Dikutip dari WomansDay.com, ternyata para ahli mengatakan menyimpan kosmetik di dalam lemari es tidaklah sepenuhnya efektif memperpanjang usia atau menghindari kontaminasi bakteri. Sebaliknya, para ahli malah menyarankan agar berhati-hati menyimpan kosmetik di dalam lemari es.

Tidak sedikit kosmetik yang seharusnya disimpan di suhu kamar, bukan suhu yang dingin. Perubahan zat kimia mungkin saja terjadi ketika kosmetik disimpan di suhu yang tidak disarankan.

Menyimpan aneka krim di dalam lemari es sendiri, fungsinya lebih pada kenyamanan, mencegah pembengkakan dan meningkatkan sirkulasi darah pada kulit. Inilah sebabnya beberapa krim disarankan di simpan di dalam lemari es. Namun, bila tidak juga bukan masalah serius kok.

Menyimpan produk kosmetika berparfum disarankan di suhu ruangan dan tempat yang gelap. Alasannya adalah agar aroma parfumnya tetap awet dan lebih tahan lama. Dikhawatirkan justru ketika disimpan di lemari es, aroma wanginya akan menguap dan mempengaruhi makanan yang ada di dalam lemari es, kecuali memang Anda memiliki lemari es khusus untuk menyimpan kosmetik Anda.

Simak beberapa info penting berikut ini:

Menyimpan makeup

Kosmetik disarankan disimpan di suhu ruang dan menggunakan spatula atau kuas untuk mengambilnya. Disarankan agar mencuci spatula dan kuas secara teratur setiap minggu. Selain itu, juga mencuci tas makeup atau pouch.

Menyimpan pelembab, lotion atau krim

Tidak semua pelembab, lotion atau krim boleh disimpan di lemari es. Anda harus terlebih dahulu membaca apakah memang produk tersebut boleh disimpan di suhu dingin atau tidak. Krim mata misalnya, adalah krim yang boleh disimpan di lemari es karena akan membantu memperlancar peredaran darah.

Cat kuku

Suhu terbaik untuk menyimpan cat kuku adalah di suhu ruang. Di mana tetap stabil dan tidak mudah kering.

Parfum

Menyimpan parfum juga disarankan di suhu ruang di mana lokasinya agak gelap agar parfum lebih tahan lama dan tidak mudah menguap.

Jadi, apabila Anda ingin menyimpan produk kosmetik apapun, lebih baik Anda membaca informasinya terlebih dahulu.

Sumber : http://www.vemale.com/