Bendera Merah Putih Raksasa Membentang di Bengawan Solo

by -163 views

Bendera Merah Putih Raksasa Membentang di Bengawan Solo

Jatinangorku.com – Berbagai cara unik dilakukan untuk menyambut Hari Ulang Tahun Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia ke-68. Salah satunya, adalah membentangkan bendera Merah Putih di atas Sungai Bengawan Solo yang melintasi Grogol, Sukoharjo. 

Pembentangan bendera raksasa seukuran lapangan bola itu berhasil memecahkan rekor MURI. Bendera yang memiliki panjang 130 meter dan lebar 90 meter itu dibentangkan di atas sungai, diikatkan pada sejumlah tali yang terpasang di masing-masing sisi pinggir sungai. 

Tentara dan warga hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit untuk membentangkannya, menutupi permukaan air Sungai Bengawan Solo.

“Dengan kegiatan seperti ini diharapkan semangat nasionalisme akan tetap mengalir sampai jauh,” ujar Bupati Sukoharjo, Wardoyo Wijaya, Sabtu 17 Agustus 2013.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sukoharjo juga menerima piagam dari MURI terkait pemecahan rekor itu. Rekor bendera raksasa sebelumnya dipegang Kodam Udayana dalam perayaan ulang tahun TNI sekitar tiga tahun lalu.

Komandan Brigif 6 Kostrad, Kolonel (Inf) Kunto Arief Wibowo, menambahkan sebelum membentangkan bendara raksasa itu, telah dilakukan pemasangan bendera di sepanjang aliran Sungai Bengawan Solo. 

“Pemasangan bendera dilakukan mulai dari Wonogiri hingga perbatasan Jawa Timur. Ada lebih dari 10 ribu bendera yang dipasang di sepanjang Bengawan Solo,” kata dia

Sumber : http://bola.viva.co.id