Berkah Musim Kemarau bagi Tukang Gali Sumur

by -347 views

Jatinangorku.com – Musim kemarau ternyata tak selamanya jadi bencana seperti yang dialami oleh petani saat ini. Faktanya, justru musim kemarau menjadi berkah tersendiri bagi sekelompok para tukang gali sumur sumur.

Jasa mereka, menjadi salah satu solusi untuk mengatasi kesulitan air bersih, yang terjadi saat ini. Tak pelak, merekapun jadi kebanjiran order.

“Setiap hari, pasti ada saja orang yang datang ke rumah, untuk meminta sumurnya digali atau dikeduk lagi (diperdalam-red), dengan harapan agar sumurnya kembali terisi air,” kata Udi (52) tukang gali sumur, warga Rancamulya Kecamatan Sumedang Utara Kab.Sumedang, Kamis (23/7/2015).

Dalam menjalankan profesinya, dia dibantu oleh satu rekannya. Dalam teknisnya merekapun bergiliran, melakukan pengerukan lumpur di dalam sumur, atau menarik timba dari atas untuk membuang lumpur hasil pengerukan.

“Prinsipnya tidak ada yang diuntungkan atau yang dirugikan dalam menjalankan pekerjaan ini. Jadi kita sama-sama bisa merasakan, bagaimanya pengapnya berada di dalam sumur atau bagaimana beratnya saat menimba lumpur dari atas,” ujarnya.

Menurutnya, ongkos jasa pengerukan sebenarnya sama dengan ongkos pembuatan sumur. Yaitu mereka mematok harga, Rp.150 ribu/meter kedalaman dengan diametar 75-100 centi meter.

Sumber : http://www.galamedianews.com/