Berpuasa Saat Hamil, Amankah?

by -22 views

Berpuasa Saat Hamil, Amankah?

Jatinangorku.com – Meskipun agama Islam memberikan keringanan bagi ibu hamil untuk tidak berpuasa di bulan Ramadan, banyak juga ibu hamil yang tidak mau melewatkan momen Ramadan seperti saat ini tanpa berpuasa. Jika Anda termasuk salah satu di antaranya, sebaiknya Anda memperhatikan hal-hal seperti dilansir pregnancyandbaby.com berikut ini sebelum memutuskan untuk berpuasa.

 

  • Utamakan kesehatan

    Berpuasa saat hamil sebenarnya aman dan boleh dilakukan dan tidak meningkatkan resiko kematian janin. Tetapi, bukan berarti berpuasa saat hamil itu tanpa resiko. Penelitian menunjukkan bahwa ibu hamil yang berpuasa memiliki kenaikan berat badan lebih sedikit dari normal dan bayi yang dilahirkan menjadi lebih kecil.

     
  • Sediakan suplemen dan makanan sehat

    Jika Anda memutuskan untuk berpuasa, sebaiknya Anda menyiapkannya dengan matang. Siapkan berbagai suplemen vitamin dan zat gizi lain yang anda butuhkan agar tidak terjadi kekurangan zat gizi. Selain itu, minum cukup air dan konsumsi banyak protein agar janin dan Anda tetap sehat.

     
  • Konsultasi dokter

    Sebelum memutuskan untuk berpuasa, sebaiknya minta pendapat dokter kandungan Anda seputar puasa yang akan Anda lakukan. Dokter akan memberikan nasehat yang sangat penting dalam pengambilan keputusan Anda, demi kesehatan Anda dan calon buah hati.

     

 

Jika Anda telah melakukan semuanya dan mantap untuk berpuasa, sebaiknya jangan pernah memaksakan diri Anda saat berpuasa. Jika Anda merasa lemas dan tidak kuat saat berpuasa, gunakanlah keringanan yang diberikan agama demi kesehatan anda dan janin.

Sumber : http://www.vemale.com/