Bersikap Ramah, Ciri Akhlak Mulia

by -14 views

Jatinangorku.com – Alhamdulillah, segala puji seutuhnya hanya milik Allah yang Maha menguasai dan Maha Mendengar segala yang ada dalam hati kita. Shalawat dan salam tetap tercurah kepada Rasulullah Saw, suri tauladan kita.

Salah satu ciri orang yang berakhlak mulia adalah ramah. Keramahan bisa terpancar dari cara seseorang bertutur, wajah jernih, senyum, dan sikap yang santun.

Orang ramah disenangi karena membawa kegembiraan dan menyenangkan. Sehingga jika kita berpisah dengannya, kita akan merasa rindu ingin berjumpa kembali dengannya.

Kemuliaan manusia sesungguhnya tergantung pada akhlaknya. Allah sama sekali tidak memandang kedudukan, gelar, atau pangkat seseorang. Ketakwaan seorang hamba yang dinilai oleh Allah.

Untuk itu, tampilkan keindahan diri kita dengan menjadi orang yang selalu ramah, sopan dan santun. Sebab sebagus apapun penampilan luar seseorang, jika tidak dibarengi dengan hati yang bersih, maka akan sulit diterima secara baik di lingkungannya.

Hadapilah hidup dengan penuh semangat, bahkan ketika kita sedang dihadapi masalah dan cobaan. Janganlah membuang energi dari dalam tubuh kita dengan menjadi orang pemarah dan mudah tersinggung. Ini karena nikmat sehat akan didapatkan selama kita bersikap ramah dan tawadhu.

Ramah sebagai pembuka pintu rezeki. Dalam pekerjaan pun kita harus bersikap ramah, terutama pada rekan sekantor. Hal ini diperlukan untuk mendukung suasana kondusif, menyenangkan sehingga pintu rezeki akan semakin terbuka lebar.

Ramah juga bisa menjadi perekat tali silaturahim yang ampuh. Bersikaplah ramah agar kita bisa mendapatkan nuansa kekeluargaan yang menenteramkan hati dan jiwa. Karena itu, buatlah seseorang terkesan dengan pribadi kita yang ramah. Insya Allah sebagai makhluk sosial kita akan dipandang baik dan relasi akan bertambah.

Ramah merupakan sikap yang hemat energi. Karena dengan bersikap ramah kita bisa mengefektifkan waktu dengan beraktivitas. Waktu kita pun tidak akan terbuang sia-sia atau menambah dosa.

Begitulah seharusnya orang yang menginginkan kebahagiaan hidup di dunia dan akhirat. Oleh karena itu, marilah bersikap ramah pada diri sendiri dan orang lain. Wallahu a’lam bishawab

Sumber : http://www.inilahkoran.com/