BI: Ekonomi Jabar Tumbuh Lebih Lambat

by -36 views

BI: Ekonomi Jabar Tumbuh Lebih Lambat

Jatinangorku.com – Kepala Bank Indonesia (BI) Kantor Wilayah VI Jabar-Banten, Dian Ediana Rae mengatakan, laju pertumbuhan ekonomi Jabar pada triwulan pertama tahun ini lebih lambat dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

“Selama triwulan I 2014, pertumbuhan ekonomi Jabar sekitar 5,5%, sedangkan periode yang sama tahun lalu 6,3%,” ujarnya kepada wartawan, Jumat (20/6/2014).

Dia menilai, kondisi ini terjadi akibat perlambatan kinerja ekspor. Perekonomian di Cina yang belum pulih telah berimbas ke dalam negeri, termasuk ke Jabar.

Kondisi ini telah sejalan dengan perhitungan pemerintah dan BI. Terjadi defisit transaksi berjalan, namun hal ini sangat berguna untuk menjaga stabilitas makro ekonomi.

Meski ekonomi melambat, namun inflasi Jabar tergolong rendah dan stabil pada periode Januari-Maret 2014 di angka 1,38%. Angka ini terendah jika dibandingkan provinsi lain di Jawa.

Menurut dia, inflasi rendah dan stabil dapat memperbaiki indeks daya beli masyarakat. Hal itu dapat memperkecil terjadinya ketimpangan sosial, antara golongan kaya dan miskin.

“Rendahnya inflasi pun dapat mendorong pertumbuhan investasi secara lebih baik,” ucapnya.

Lebih lanjut dituturkannya, inflasi yang rendah terjadi berkat korelasi harga pangan, ketersediaan pasokan, serta distribusi yang lancar.

Namun, angka ini berpotensi meningkat akibat kebijakan kenaikan tarif dasar listrik (TDL) industri dan rumah tangga, kenaikan harga elpiji, kekeringan.

“Terdapat pula moment musiman yang dapat memicu inflasi seperti Ramadan, Idul Fitri, dan akhir tahun,” pungkasnya.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/