BNI Menanam 1.946 Pohon di Jatinangor

by -20 views


jatinangor-pohonjatinangorku.com – Salah satu misi BNI  adalah  terus meningkatkan kepedulian terhadap lingkungan serta tanggung jawab sosial dimanapun BNI berada. Perwujudan  kepedulian tersebut salah satunya dukungan BNI  pada program pelestarian lingkungan yang tersebar di seluruh wilayah kerja BNI.

Hal ini dilakukan karena BNI  sangat menyadari adanya berbagai dampak negatif dari  perubahan iklim (climate change). Kondisi tersebut diperparah dengan tingginya emisi karbon, sebagai dampak dari industrialisasi dan semakin berkurangnya kawasan hutan yang berfungsi sebagai penyerap karbon.Sebagai bagian dari perayaan HUT BNI  ke-67,  BNI secara serentak menanam 1.946 pohon di seluruh wilayah kerja BNI di Indonesia.

Di Wilayah Bandung, bank BNI melakukan penanaman pohon bekerja sama dengan ITB dan dilakukan di kampus ITB Jatinangor, Sabtu (22/6). Sebanyak 1.946 pohon ditanam, yang terdiri dari pohon tanaman keras dan tanaman buah-buahan. Pohon tanaman keras yang ditanam meliputi tanaman kayu-kayuan seperti trembesi, sengon, jati, jabon, kayu afrika, matoa. Sedangkan buah-buahaan terdiri dari  rambutan, nangka, durian, lengkeng, pala, sirsak.

Perwujudan kepedulian BNI di sektor lingkungan meliputi berbagai program. Sebagai contoh secara Nasional BNImendukung program penghijauan melalui pembangunan hutan kota dan taman kota, seperti di Aceh, Solo, Wonosari, DKI Jakarta, dan Bali.

BNI  juga mendukung Sistem Verifikasi Legalitas Kayu (SVLK) di Yogyakarta, mendistribusikan satu juta bibit pohon per tahun secara gratis kepada masyarakat, mendukung rehabilitasi satwa asli hutan Indonesia (orangutan) di Kalimantan Tengah, dan mendukung pengelolaan madu hutan secara ramah lingkungan di Sumbawa.

Di  Wilayah Bandung, BNI mendukung program penghijauan di Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Garut, Banjar dan beberapa kota lainnya  bekerja sama dengan Dinas Pertamanan  dan tata Kota setempat.

Selain itu BNI sebagai Badan Usaha Milik Negara juga secara aktif mendukung komitmen Pemerintah Republik Indonesia untuk menurunkan emisi karbon  sebesar 26 persen dengan usaha sendiri dan 41 persen dengan dukungan global.

Pelaksanaan komitmen tersebut, salah satunya dilaksanakan melalui program penanaman satu milyar pohon atau dikenal dengan OBIT (one billion Indonesia trees). Hal itu diwujudkan dengan  menanam 1 juta pohon di berbagai wilayah Indonesia pada 2011, dilanjutkan 1.298.183 pohon pada 2012 dan ditargetkan lebih dari 2.529.990 pohon pada 2013.

Kegiatan penanaman berbagai jenis pohon tersebut setara dengan penyerapan emisi karbon sebanyak 20.513, 19 ton selama periode 2011 – 2013.

sumber: tribunnews