Bos Open Source Microsoft Hengkang ke HP

by -15 views

Bos Open Source Microsoft Hengkang ke HP

Jatinangorku.com – Bill Hilf, general manager layanan cloud Windows Azure Microsoft, hengkang ke Hewlett-Packard mulai musim panas ini. Ia menduduki pos wakil presiden HP untuk produk dan layanan cloud. Itu berarti ia mengawasi strategi tidak hanya untuk layanan cloud HP – pesaing langsung Windows Azure dan pemimpin dalam permainan cloud, tetapi juga untuk perangkat lunak dan perangkat keras HP yang memungkinkan mereka membangun layanan cloud pribadi di pusat data mereka sendiri.

“Pekerjaan saya adalah membangun portofolio masa depan untuk HP di seluruh bidang,” katanya pada Wired.com. “Ini yang sedang kami lakukan sekarang.”

Ia mengaku hengkang ke HP kembali pada bulan Juni, luput dari pemberitaan media. Meskipun ia menghabiskan sebagian besar waktunya di kantor HP di Silicon Valley, namun nantinya ia lebih banyak di Seattle, Washington, di mana ia berumah, dan HP juga memiliki kantor.

“HP kini berada di tengah-tengah perubahan haluan yang luar biasa, dan saya pikir sudah waktunya untuk menjadi bagian darinya. Ini start up asli Silicon Valley,” kata Hilf.

Hilf awalnya bergabung dengan IBM, membantu Big Blue merangkul ‘kakek’ open source: sistem operasi Linux. Sebagai seorang arsitek senior di Big Blue, ia membangun segala macam teknologi untuk bisnis besar menggunakan Linux dan perangkat lunak open source lainnya, dan kemudian, ia mengawasi strategi open source di IBM.

Microsoft lambat untuk menangkap open source. Namun pada tahun 2004, mereka mengulurkan tangan untuk Hilf. “Microsoft menelepon dan berkata: “Kami tak paham open source. Dan kita perlu orang-orang untuk menggarapnya,” ujarnya. Ia kemudian memutuskan bergabung. “Aku seperti astronot pertama di planet ini.”

Ia menciptakan sebuah laboratorium open source di dalam Microsoft, mempekerjakan seorang pria bernama Sam Ramji untuk menjalankannya. Ia juga memulai dialog dengan komunitas open source, mencoba untuk menghilangkan beberapa skeptisisme – dan kemarahan – yang telah dibangun terhadap raksasa teknologi itu.

 

Namun Hilf menolak menceritakan detik mengapa ia hengkang dari perusahaan itu.

Sumber : http://id.berita.yahoo.com