BPJS Gelar Kemitraan

by -108 views

BPJS Gelar Kemitraan

Jatinangorku.com – Badan Penyelenggaraan Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menggelar pertemuan Kemitraan Fasilitas Kesehatan (Faskes) Primer dan Sekunder di Hotel Puri Khatulistiwa, Jln. Ir. Soekarno, Jatinangor, Kabupaten Sumedang, Selasa (26/8).

Acara diikuti 237 peserta perwakilan faskes tingkat primer dan 20 peserta perwakilan dari 10 faskes sekunder di wilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Sumedang, yaitu meliputi Sumedang, Subang, dan Majalengka.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Sumedang, Dr. Ketler Siahaan, M.B.A. mengatakan, acara pertemuan kemitraan ini bertujuan untuk meningkatkan mutu pelayanan kesehatan melalui komunikasi yang harmonis antara faskes primer dan sekunder.

“Faskes primer itu layanan kesehatan pertama seperti keluarga, klinik, dan puskesmas. Kemudian faskes sekunder itu layanan kesehatan rujukan seperti rumah sakit umum daerah, rumah sakit tipe B, tipe C, dan rumah sakit khusus. Jadi, kami sinkronkan agar terbentuk jalinan komunikasi yang baik,” kata Ketler kepada “GM” usai acara, kemarin.

Kurang koordinasi

Menurutnya, selama ini sering terjadi kendala antara faskes sekunder dan primer. Kendala itu antara lain komunikasi yang tidak baik dan kurangnya jalinan koordinasi. Untuk itu, lanjutnya, acara pertemuan diharapkan dapat meningkatkan mutu pelayanan kesehatan kepada peserta BPJS.

“Peserta yang hadir adalah para person in charge (PIC) faskes yang bertindak sebagai koordinator terkait program program BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Ditambahkannya, pada pertemuan juga dibentuk Forum Komunikasi PIC dan mengagendakan pertemuan secara rutin untuk mendiskusikan dan mencari solusi atas permasalahan yang mungkin timbul di lapangan.

“Setiap permasalahan akan kami bahas pada pertemuan rutin yang akan kami gelar. Ini baru pertemuan pertama antara faskes primer dan sekunder (rujukan),” jelasnya.

Sementara itu, materi yang disajikan dalam pertemuan, di antaranya oleh Drs. Ismiwanto Cahyono, MARS dengan materi “Pedoman Pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional 2014”. Sementara pemateri lainnya Dr. Hikmat Permana, Sp.Pd., mengenai “Sistem Rujukan Berjenjang”.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/