BPJS Lancar, RSUD Bangun Infrastruktur Kesehatan

by -83 views

BPJS Lancar, RSUD Bangun Infrastruktur Kesehatan

Jatinangorku.com – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sumedang yang sudah menjadi Badan Layanan Umum Daerah sejak 2011 lalu dinilai semakin mampu mengelola keuangannya dengan baik untuk selanjutnya digunakan kembali sebagai peningkatan pelayanan kesehatan.

Adanya program Jaminan Kesehatan Nasional yang diselenggarakan oleh Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) semakin membuat pelayanan kesehatan berkualitas karena klaim ke BPJS dibayarkan tanpa ada masalah.

“Justru dengan adanya BPJS, RSUD Sumedang semakin percaya diri untuk meningkatkan pelayanan kesehatan dengan membangun berbagai infrasttruktur kesehatan yaitu sarana dan prasarana kesehatan, karena klaim dibayarkan lancar tanpa masalah,” kata Direktur RSUD Sumedang dr. Hilman Taufik, Minggu (22/6/2014).

Mulai 2014 ini, setidaknya ada empat kegiatan pengadaan di RSUD Sumedang demi terciptanya sarana dan prasarana kesehatan. Gedung Instalasi Care Unit (ICU), Gedung Rawat Inap, Instalasi Gawat Darurat (IGD), dan Gedung Medical Check Up Unit Jantung, paru-paru, dan pembuluh darah.

Empat gedung ini, kata dia, dipastikan akan mendapatkan fasilitas kesehatan yang lebih canggih. Dana untuk peningkatan sarana ini mencapai seratusan miliar rupiah.

Semenjak menjadi BLUD, pola keuangan RSUD terus ditata, terutama dengan menginventarisasi piutang pelayanan kesehatan pemkab untuk warga miskin yang tidak terlindungi jamkesmas.

“Piutang ini sudah dibayarkan pemkab sekitar Rp6,7 miliar,” kata Hilman.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/