Brimob Polda Jabar Akan Bangun Lapangan Tembak di Jatinangor Sumedang

by -343 views

Rencana Satuan Brimob Polda Jabar untuk membangun lapangan tembak di bukit Jatiroke Desa Jatiroke Kecamatan Jatinangor Kabupaten Sumedang di apresiasi Kapolda Jabar, Irjen Pol Bambang Waskito, saat kunjungan kerja keBrimob Polda Jabar. Kamis, (18/8/2016).

Rencana pembangunan lapangan tembak dilahan seluas kurang lebih empat hektar tersebut lantaran lapangan tembak brimob yang berdampingan dengan lapangan sepak  bola di Mako Brimob Polda Jabar  kurang maksimal. Sementara brimob  perlu tempat   yang nyaman untuk latihan menembak.

Kapolda Jabar, Irjen Pol Bambang Waskito sangat mengapresiasi keinginan Brimob Polda Jabar untuk  mempunyai lapang tembak. Ia menyebut seandainya jadi dibangun  jangan sampai hanya dijadikan lapangan  tembak saja, namun dikembangkan  dan dimanfaatkan lebih luas.

”Sayang sekali jika nanti lapangan tembak ini hanya dipakai even-even tertentu saja, namun bisa dimanfaatkan  lebih banyak lagi. Tidak hanya latihan menembak saja, misalnya di lahan seluas empat hektar  ini  juga didirikan asrama, karena masih banyak anggota yang kos diluar,” katanya.

Ia juga berharap agar lapangan  tembak tersebut segera terealisir.  Karena pengembangannya sangat  bagus misalnya untuk wisata.

“Bisa saja kedepannya,   disini dibangun lokasi  wisata atau tempat rekreasi sehingga perekonomian di Sumedang ini bisa lebih hidup,” sebutnya.

Sementara itu, Pasi Ops Datasemen A Brimob Polda Jabar,  AKP Bagus Amrullah mengatakan, lapangan tembak yang akan dibangun  di bukit Jatiroke akan menjadi lapangan tembak termewah di Indonesia.

”Selain mempunyai view (pemandangan) yang bagus, lapangan tembak ini juga  akandijadikan pusat  latihan sniper Indonesia dan juga  bisa digunakan untuk umum,” ujarnya.

Lapangan tembak yang akan menghabiskan biaya sebesar Rp 4,4 Miliar  tersebut rencananya akan di swakelola tanpa ada anggaran dari Negara. Sehingga kata Bagus, tanah di bukit Jatiroke tersebut akan dikomersilkan.  Dan hasilnya akan di gunakan untuk melakukan penataan.

”Kita juga akan mencari investor  untuk  pembangunan lapangan tembak ini, karena dipastikan lapangan tembak ini  mempunyai nilai jual wisata yang bagus dan banyak dicari baik oleh warga sekitar  Sumedang maupun diluar Sumedang,” sebutnya.

Bagus menyebut, salah satu contoh lapangan tembak yang ada di Dago Pakar Bandung. Disana menjadi banyak hotel dan juga cafe-cafe sebagai penunjang di lokasi  menuju lapangan tembak.

”Lokasi lapangan tembak di bukit Jatiroke ini masih bagus, kemudian udaranya segar dan masih asri, sehingga sangat cocok untuk berinvestasi disini,” katanya.

Tujuan utamanya, kata Bagus adalah  untuk  meningkatkan kemampuan para anggota Brimob supaya lebih terlatih karena ditunjang dengan sarana dan prasarana yang memadai.