Bulan Depan, Pemprov Jabar Mulai Kucurkan Dana Desa

by -27 views
Pemerintah Provinsi Jawa Barat menargetkan akan mencairkan dana bantuan infrastruktur desa 2016 pada pekan kedua bulan Desember mendatang. Sampai saat ini proposal yang diajukan desa masih dalam tahap verifikasi.
 
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (BPMPD) Provinsi Jawa Barat Koesmayadi mengatakan, jumlah dana bantuan yang akan dikucurkan sebesar Rp 50 juta untuk setiap desa.
Koesmayadi menjelaskan, seyogianya dana yang dicairkan sebesar Rp 100 juta. Namun karena pelaksanaan PON-Peparnas kemarin, maka Pemprov Jabar baru bisa memberikan separuhnya terlebih dahulu.
“Sisanya akan kami bayarkan pada tahun 2017. Dari total 5.312 desa di Jabar, proposal yang sudah terverifikasi sebanyak 2.900,” kata Koesmayadi kepada wartawan ditemui di Gedung Sate, Bandung, Rabu (16/11/2016).
Dia menjelaskan, sisa desa yang belum diverifikasi disebabkan karena masih banyak perbaikan yang harus dilakukan. Banyak desa yang masih kesulitan dalam membuat proposal yang sesuai dengan kriteria yang ditentukan salah satunya adalah program yang dicantumkan harus sudah tercantum dalam APB-desa.
“Program pembangunan yang ditetapkan desa pun harus berdasarkan hasil rapat desa. Kualitas sumber daya aparatur juga harus ditingkatkan. Makanya kita terus memberikan pelatihan-pelatihan,” katanya.
Terkait dana desa dari pemerintah pusat, Koesmayadi mengaku belum mengetahui pasti. Pasalnya, dana bantuan tersebut diserahkan langsung oleh pemerintah pusat ke setiap kabupaten.
“Jadi uangnya enggak mampir dulu di provinsi. Kami masih menunggu hasil rekapitulasi dari timnya terkait penyaluran dana desa dari pusat,” ujarnya