Bulan Puasa, Konsumsi Pangan Jadi Beragam

by -14 views

Bulan Puasa, Konsumsi Pangan Jadi Beragam

Jatinangorku.com – Beragamnya makanan takjil di bulan puasa membawa manfaat tersendiri bagi program keanekaragaman pangan yang digulirkan Badan Ketahanan Pangan Penyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BKP4K). Takjil diolah dari berbagai bahan pangan non beras seperti umbi-umbian dan serealia.

“Banyaknya aneka jenis takjil jadi turut meningkatkan program keanekaragaman pangan terutama non beras,” kata Kepala BKP4K Ayi Rusmana, Selasa (15/7/2014).

Sadar dengan keadaan ini, BKP4K jauh-jauh hari mendorong petani untuk menghasilkan pangan terbaik.

“Mumpung akan banyak dicari, jadi sebelumnya kami sudah menggenjot petani untuk mampu memproduksi aneka pangan umbi-umbian dan serealia dengan kualitas terbaik dan adanya peningkatan jumlah produksi,” kata Ayi.

Aneka umbi-umbian yang ditingkatkan kuantitasnya adalah ubi, singkong, talas. Jenis serealia adalah biji hanjeli. Komoditas ini dibeli banyak orang dalam jumlah banyak untuk diolah menjadi takjil.

Menurut Ayi, meski belum mempunyai perhitungan tentang seberapa jauh beras dapat tergantikan dengan pangan jenis ini, namun setidaknya masyarakat mampu mengolah aneka pangan tersebut dan mau mengonsumsinya.

“Jadi tinggal bagaimana kami menyukseskan keanekaragaman tersebut di waktu-waktu lainnya,” kata Ayi.

Ayi menjelaskan, ketersediaan umbi-umbian dan serealia untuk diolah menjadi makanan pokok sangat banyak. Petani rata-rata sudah kontinyu memproduksi komoditi tersebut.

Namun, tidak adanya pembeli reguler, komoditi ini jadi tak bernilai. Sementara di hari-hari biasa, komoditi jenis ini hanya barang yang berstandar dan bersertifikat saja yang laku dijual di pasar umum seperti ubi cilembu

Sumber : http://www.inilahkoran.com/