Bupati Ditahan, Suhu Politik di Sumedang Memanas

by -56 views

Jatinangorku.com – Pasca penahanan Bupati Sumedang, H. Ade Irawan, suhu politik di Kota Tahu ini, kian memanas. Situasi itu ditengarai akibat adanya tarik ulur kepentingan yang bersebrangan antara lintas partai politik (parpol), terkait proses hukum yang tengah dijalani bupati.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun galamedianews.com, Minggu (5/4/2015), selain melakukan berbagai manuver politik, mereka pun beradu tafsir lahirnya Undang-Undang Nomor 9 Tahun 2015, tentang perubahan kedua atas Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014, tentang pemerintahan daerah.

Sikap politik yang dilancarkan oleh elit parpol itu, sangat erat kaitannya dengan kedudukan H. Eka Setiawan yang kini mejabat Wakil Bupati Sumedang.

“Soal penafasiran kami tentang Undang-Undang Nomor 9, akan berbeda dengan penafsiran partai lainnya. Dimana kami, tidak sependat jika H.Eka Setiawan serta merta dikukuhkan menjadi Bbupati, manakala pak Ade Irawan berhalangan tetap. Karena bagaimanapun H.Eka merupakan produk Perpu (peraturan pemerintah pengganti undang-undang,” tandas Ketua DPD Partai Golkar, Taufiq Gunawansyah.

Oleh sebab itu, Partai Golkar akan segera mengkomunikasikan masalah tersebut ke pimpinan DPRD. Dengan harapan semua partai yang memiliki posisi d DPRD, memiliki kesepahaman pendapat dan penafasiran soal Undang-Undang.

“Intinya, bagaimana kita harus menyelamatkan krisis pemerintahan di Kab.Sumedang agar tidak berkepanjangan. Dan ini tentunya harus ada kesepahaman dengan semua pihak, ” tandas Taufiw, yang kini menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kab. Sumedang.

Sumber : http://www.galamedianews.com/