Bupati Serahkan Kunci pada Pemilik Rumah Jumlah Rutilahu Akan Terus Dipangkas

by -79 views

Jatinagorku.com – Bupati Sumedang, H. Ade Irawan me­nyerahkan kunci rumah kepada lima orang pemilik rumah tidak layak huni (rutilahu) yang sudah diperbaiki dari dana rereongan pejabat di lingkup Pem­kab Sumedang. Penyerahan kunci dila­kukan di Gedung Negara, Senin (6/10).

Dalam sambutannya, Ade menga­takan, penyerahan kunci bukan hanya sebagai simbol, tapi menjadi pemacu untuk memangkas keberadaan rutilahu di Sumedang. Diakui Ade, hingga saat ini masih banyak warga Sumedang yang kurang beruntung, tinggal di rumah tidak layak huni. Umumnya mereka merupakan pekerja serabutan dan berpenghasilan kecil. Penghasilannya hanya cukup untuk makan saja.

“Oleh sebab itu, pemerintah akan terus berusaha membantu pemenuhan kebutuhan rumah layak huni, bagi masyarakat yang kurang beruntung,” katanya.

Di antaranya menjalankan program perbaikan rutilahu melalui pendanaan APBD Kab. Sumedang, provinsi, dan pusat.

Bupati juga mengetuk hati sejumlah pejabat di lingkup Pemkab Sumedang, pelaku usaha termasuk perbankkan, dan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) untuk ikut peduli.

“Alhamdulillah, berkat kebersamaan kami telah berhasil memperbaiki lima rumah tidak layak huni dari uang hasil rereongan pejabat, pelaku dunia usaha, dan perorangan. Dan hari ini rumah yang sudah selesai diperbaiki kita se­rahkan kuncinya,” ujarnya

Menurut Ade, menggalang dana secara rereongan merupakan hal yang mulia dan harus dipertahankan. Apalagi masih banyak warga yang membutuhkan uluran tangan.

“Mudah-mudahan apa yang sudah kita lakukan bermanfaat. Untuk itu dengan kemampuan yang ada, kami secara bertahap akan memperbaki rumah yang tidak layak huni melalui uang rereongan,” ungkapnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/