Bupati Sumedang akan Luncurkan Gerakan Infaq Seribu Rupiah

by -28 views

Bupati Sumedang akan Luncurkan Gerakan Infaq Seribu Rupiah

Jatinangorku.com – Bupati Sumedang, H. Ade Irawan akan meluncurkan “Gerakan Infaq Rp 1.000” bagi PNS di lingkungan Pemkab Sumedang serta masyarakat umum. Setiap bulannya, para PNS beserta keluarganya dan masyarakat umum harus menyisihkan uang Rp 1.000 per orang. Uang tersebut akan disalurkan kembali untuk membantu berbagai kegiatan keagamaan dan sosial. Gerakan itu akan diluncurkan Maret nanti dan akan dilegalisasi melalui surat intruksi bupati.

“Kalau jumlah PNS di Kab. Sumedang 15.000 orang dikali Rp 1.000, setiap bulannya infaq yang terkumpul bisa mencapai Rp 15 juta. Terlebih, para pejabat mungkin akan memberikan infaq lebih dari Rp 1.000. Ditambah lagi infaq dari masyarakat umum. Kalau dikumpul-kumpul, infaqnya cukup besar juga,” kata Bupati Sumedang, H. Ade Irawan di gedung Induk Pusat Pemerintahan (IPP) Pemkab Sumedang di Jalan Prabu Gajah Agung/Bypass, Sumedang, Rabu (26/2/2014).

Menurut dia, uang hasil gerakan infaq tersebut, akan digunakan untuk membangun sarana keagamaan seperti halnya membangun masjid. Begitu pula kegiatan sosial, di antaranya memberikan santunan bagi anak yatim, fakir miskin dan orang tua jompo. Uang infaq itu pun, akan dipakai untuk menambah modal para pedagang kecil. “Teknis pengelolaannya bisa dilakukan oleh BAZ (Badan Amil Zakat) dan Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker)” kata Bupati Ade.

Selain gerakan infaq, kata dia, Pemkab Sumedang pun sudah memberikan insentif kepada 827 orang kepala dusun (kadus) se-Kab. Sumedang. Insentif tersebut Rp 300.000 per bulan yang diberikan mulai Januari lalu. Setelah itu, akan dilanjutkan dengan pemberian insentif untuk guru ngaji.

“Untuk insentif guru ngaji, kami akan mengalokasikan dalam anggaran perubahan sekitar Oktober nanti. Saya juga nanti akan mengasuransikan tukang ojek. Ini sebagai tanda kanyaah pemda terhadap masyarakat, khususnya warga kurang mampu. Mudah-mudahan, masyarakat lebih sejahtera dan pembangunan Sumedang lebih maju lagi,” tuturnya

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/