Bupati Sumedang Lepas 658 Calhaj

by -19 views

Jatinangorku.com – Sebanyak 658 jemaah calon haji (calhaj) asal Kab. Sumedang, secara resmi dilepas Bupati Sumedang, Drs. H. Ade Irawan, M.Si. di Pendopo Gedung Induk Pusat Pemerintahan (GIPP) Kab. Sumedang, Rabu (10/9).

Mereka akan diberangkatkan dalam dua tahap. Untuk gelombang pertama sebanyak 444 calhaj diberangkatkan pada 12 September, dan gelombang kedua sebanyak 214 calhaj pada 16 September 2014.

Dalam sambutannya, Bupati Sumedang meminta para calhaj menjaga kesehatan supaya lancar dalam menjalankan ibadah haji. Apalagi dalam rangkaian ibadah haji dibutuhkan fisik yang prima. “Banyak rukun haji yang menuntut kondisi fisik dan kesehatan yang prima. Oleh sebab itu, hendaklah selama di sana (Tanah Suci) bisa menjaga kesehatan, agar semua rukun haji bisa dilaksanakan dengan sempurna,” katanya.

Di samping itu, ia berpesan agar selama di Tanah Suci, para jemaah tidak takabur dan sombong. Sebaiknya para jemaah mengikuti petunjuk pembimbing. “Jangan sekali-kali keluyuran atau memisahkan diri dari kelompok, agar tidak tersesat selama berada di sana. Intinya, jemaah haji asal Sumedang jangan sampai mendapat atau membuat masalah,” terangnya.

Lebih dari itu, selama disana, para jemaah diharapkan khusyuk dalam mendekatkan diri kepada Allah. Dan, anggaplah perjalanan haji ini merupakan yang terakhir kalinya dalam hidup. Pasalnya, kesempatan untuk menunaikan ibadah haji berikutnya tidak bisa dipastikan.

“Gunakan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya. Sebab, semua yang insya Allah berangkat ke Tanah Suci saat ini, merupakan orang-orang pilihan yang mendapat panggilan Allah. Banyak saudara kita yang mampu dari sisi ekonomi, bahkan sudah melakukan syukuran, tidak jadi berangkat karena sesuatu hal. Karena itu, sekali lagi, manfaatkan kesempatan yang berharga ini untuk menjalankan ibadah dengan sebaik-baiknya. Sehingga saat pulang nanti, mudah-mudahan menjadi haji mabrur,” paparnya.

Di pengujung acara, Ade memberikan uang kadeudeuh kepada 10 orang jemaah calon haji lanjut usia. “Meski nilainya tidak seberapa, namun mudah-mudahan ini bisa diterima,” katanya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/