Bupati Sumedang Tak Mau Mundur, Warga Bereaksi

by -73 views

Jatinangorku.com – Warga Sumedang siap bereaksi dengan keputusan Ade Irawan, Bupati Sumedang yang kini menjadi tersangka kasus dugaan korupsi, tapi tak berniat mundur dari jabatannya. Ade malah akan meneruskan jalannya roda pemerintahan.

“Seharusnya bupati mundur dari jabatannya karena itu justru sikap penghormatan kepada pemerintahan dan jabatan dia sendiri,” kata Muhamad Ilham, mahasiswa di PTS Sumedang, Senin (22/9/2014).

Menurut Ilham, sikap mundur yang diambil bupati akan lebih legowo dan terhormat ketimbang menunggu proses hukum sambil berstatus tersangka juga masih harus disibukkan dengan tugas pemerintahan.

Hal yang sama ditunjukan sejumlah tokoh pemuda di Sumedang. Mereka menuntut bupati mundur karena tak pantas jika seorang tersangka kasus hukum masih harus menjalankan roda pemerintahan.

“Kami memang menganut asas praduga tak bersalah. Namun sebaiknya justru untuk menghormati proses hukum dan jabatannya sekarang sebagai bupati, Ade Irawan sebaiknya mundur,” tutur Dadan Setiawan, aktivis dari KNPI.

Masyarakat dan sejumlah tokoh pemuda akan bereaksi jika bupati ternyata masih melakukan aktivitasnya di pemerintahan. Masyarakat menunggu pernyataan bupati selanjutnya tentang pengunduran diri.

Sumber : http://www.inilahkoran.com/