Bus vs Truk, Mana yang Lebih Banyak Telolet?

by -80 views

Demam Telolet melanda dunia, Rabu 21 Desember 2016. ‘Om Telolet Om’ menjadi trending topik dunia di akun media sosial Twitter, dan mencuri perhatian banyak kalangan.

Telolet, atau ada juga yang menyebut dengan tolelot adalah bunyi suara klakson bus maupun truk. Warga mulai dari anak-anak, hingga dewasa di sejumlah daerah di Indonesia menunggu melintasnya bus maupun truk dan meminta sang supir membunyikan suara klaksonnya sembari berteriak “Om, telolet om,” atau sambil mengacungkan jempol.

Sebenarnya, apakah bus atau truk yang lebih banyak memberikan respon untuk membunyikan ‘telolet’?

Dari hasil pengamatan Komunitas Bus Lover Community Banjar, pengemudi bus lebih banyak memberikan respon dengan membunyikan klakson. Dibandingkan pengemudi truk, pengemudi bus sering merespon warga yang ramai mengacungkan ibu jari tangan di pinggir jalan dengan jawaban suara klakson.

Salah satu anggota Komunitas Bus Lover Community Banjar, Rama (13) mengatakan, bahkan tidak jarang pengemudi bus yang ikut tertawa senang. “Rasanya senang sekali dengar suara tolelot, tolelot. Kadang suaranya panjang, kadang pendek tetapi sangat keras. Pokoknya senang, ada juga pengemudi yang juga tertawa dan melambaikan tangan,” ujarnya, Rabu 21 Desember 2016.

Sore itu ia bersama tiga rekan lainnya di tepi jalan tidak jauh dari Terminal Bus Kota Banjar, menunggu datangnya bus. Ketika melihat bus hendak melintas, dengan sigap mereka mengacungkan ibu jari tangannya. Kegiatan menunggu bus telollet tersebut diakuinya sudah berlangsung sejak satu setengah bulan lalu.

“Biasanya semakin sore bus yang lewat bertambah banyak. Kami bersamaan merekam, pakai handphone. Lokasinya cukup strategis karena jalur utama ke terminal,” ucapnya.

Demam telolet, juga merambah wilayah tatar galuh Ciamis. Beberapa anak dan remaja di wilayah Cijantung, Kecamatan Cijeungjing berdiri di sisi jalan utama Cimis – Kota Banjar. Mereka berkumpul tidak jauh dari tempat istirahat dan pemberhentian bus.

Demikian pula beberapa anak tidak jauh dari Taman Lokasana Ciamis, juga menjadi pecinta telolet. Bahkan ada di antara mereka yang membawa karton dengan tulisan, “Om Telolet” . Tulisan tersebut diacungkan kearah bus yang hendak melintas. Mereka terlihat gembira ketika pengemudi bus membunyikan klakson “Telolet, telolet.