Cabai Rawit Merah di Jatinangor Rp 140.000 Per Kilogram, Pedagang Sepi Pembeli

by -45 views

Sejumlah pedagang sayur di Pasar Resik Jatinangor, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, keluhkan harga cabai rawit yang kembali melambung tinggi. Akibatnya, para pembeli cabai rawit semakin sepi.

Salah seorang pedagang sayur, Engkus Citra Kusmana (45) mengatakan, harga cabai rawit hijau saat ini menembus ke kisaran harga Rp 80 ribu perkilogramnya. Sedangkan cabai rawit merah (cabai domba) menyentuh kisaran harga Rp. 140 ribu per kilogramnya.

“Naik lagi sekarang jadi mahal pisan. Padahal tiga minggu lalu sudah turun ke harga Rp. 100 ribu dari Rp. 120 ribu utuk cabai rawit merah,” 

Menurut dia, kenaikan harga cabai rawit tersebut mulai terjadi sejak sepekan terakhir atau minggu terakhir bulan Januari 2017. Kenaikan harga cabai rawit mencapai hingga 40 persen dari sebelumnya.

Engkus mengatakan, kenaikan harga cabai rawit dipicu dikarenakan faktor cuaca yang tidak menentu. Akibatnya, cabai rawit tidak bertahan lama dan gampang busuk.

“Kalau barangnya sih enggak langka. Saya ini belanja langsung ke petani di Tanjungsari. Dari petani juga mahal. Mereka juga tahu harga cabai di pasaran soalnya. Kalau di Pasar Caringin soalnya dibatasi pembeliannya,” kata Engkus.