Cadas Pangeran Perlu Ditata

by -14 views

Cadas Pangeran Perlu Ditata

Jatinangorku.com – Kawasan Cadas Pangeran di Kecamatan Pamulihan, Kabupaten Sumedang memiliki nilai sejarah bagi masyarakat Sumedang dan sekitarnya. Jalan Raya Cadas Pangeran sendiri cukup terkenal di Indonesia. Pembangunan Cadas Pangeran memang ikut tercatat dalam proses perjuangan bangsa Indonesia.

Hingga kini Cadas Pangeran menjadi salah satu ikon sejarah perjuangan dalam membangun jalur jalan oleh rakyat dengan keterlibatan kaum penjajah.

Camat Pamulihan, Edi Supena didampingi Kasi Pelayanan Umum, Nia Kahmidin mengatakan, untuk penataan kawasan Cadas Pangeran perlu ada kerja sama antara Kec. Pamulihan dengan Kec. Sumedang Selatan.

“Sebab kawasan Cadas Pangeran ada di dua perbatasan kecamatan,” katanya kepada wartawan, Rabu (7/5).

Menurut Edi, lokasi Cadas Pangeran diketahui masyarakat luas dengan sebutan Cadas Pangeran Atas. Pengelolaan kawasan itu ada di bawah Perhutani. Sehingga yang harus memfasilitasi dalam pengembangan kawasan itu adalah pihak Perhutani.

“Karena masuk ke dalam dua wilayah kecamatan, kami siap mengembangkan potensi daerah itu untuk dijadikan tempat wisata alam terbuka,” katanya.

Ia mengatakan, untuk kawasan Cadas Pangeran perlu ada penataan, sehingga bisa menjadi etalase Sumedang. “Untuk itu perlu dilakukan pembenahan yang baik, di antaranya tempat berjualannya ditata dengan baik agar menarik minat para wisatawan,” harap Edi.

Bisa dibuat etalase khusus makanan khas Sumedang. Selain itu, dibuat juga tanda atau ciri perjuangan. Sehingga tidak hanya patung Pangeran Kornel saja seperti yang sekarang berdiri. “Melainkan ada catatan sejarah di sekitarnya. Ditambah penataan tempat kuliner,” harapnya.

Tentunya perlu ada kesiapan dari pemerintah yang bisa menggandeng pihak swasta untuk mengembangkan aset menjadi tempat wisata hingga menambah pendapatan asli daerah (PAD).

“Penataan yang dibutuhkan di sekitar Cadas Pangeran di antaranya lampu penerangan dan infrastruktur jalan,” katanya.

Pentingnya penataan infrastruktur ini untuk menggali potensi wisata di Sumedang, agar lebih maju untuk meningkatkan pandapatan.

Meskipun demikian, dari pihak Perhutani belum ada komunikasi. Namun tentunya harus ada langkah penataan sejak sekarang. “Di antaranya pemasangan lampu penerangan jalan umum. Sebab ada sebagian lampu yang hingga kini belum terpasang,” keluhnya.

Pihak Kecamatan Pamulihan juga akan terus mengangkat potensi Cadas Pangeran. Tahun ini ada rencana menggelar even terbuka milangkala yang digagas dengan pihak swasta. Kegiatannya berupa sepeda sehat, maraton, serta menampilkan kesenian tradisional.

“Yang jelas pemerintah Kecamatan Pamulihan siap mendukung kemajuan objek wisata yang ada di sekitar Cadas Pangeran,” tutupnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/