Capai Final, Tim Futsal Jabar Coba Ulangi Sukses Taklukan Maluku

by -59 views

Tim Futsal Jawa Barat (Jabar) tinggal selangkah lagi untuk bisa meraih medali emas Pekan Olahraga Nasional XIX/2016. Setelah menundukan DKI Jakarta 2-1 di laga semifinal, Jabar dipastikan berhadapan dengan Maluku Utara di partai final yang akan berlangsung di Graha Laga Tangkas Futsal, Jatinangor, Kab. Sumedang, Senin (26/9/2016).

Bagi kedua tim, ini merupakan pertemuan kedua mereka di PON XIX/2016. Sebelumnya, pada pertandingan terakhir penyisihan grub B, Jabar berhasil membungkam Maluku dengan skor cukup meyakinkan 4-2.

Melihat data tersebut, tentunya Jabar jauh lebih diunggulkan untuk memenangkan laga final. Apalagi, Jabar jelas akan lebih diuntungkan dengan hadirnya para suporter yang selalu setia memberi dukungan langsung terhadap Muhammad Subhan Faidasa dan kawan-kawan.

Namun, Jabar harus tetap waspada. Mengingat, Maluku sendiri memiliki pemain-pemain yang mempunyai kecepatan. Selain itu, Maluku pun merupakan tim yang kecepatan dalam transisi dari menyerang ke bertahan, atau pun sebaliknya.

Selain itu, semangat pantang menyerah dan kolektivitas yang dimiliki para pemain Maluku pun patut menjadi perhatian Panca Fauzi sebagai juru taktik Jabar. Kemenangan impresif mereka atas tim favorit juara Jawa Timur 4-3 di laga semifinal cukup untuk memberi sinyal bahaya bagi Jabar untuk tidak lengah.

Hal tersebut pun diamini oleh Panca. Ia mengakui Maluku merupakan tim yang memiliki semangat yang sangat luar biasa. Timnya juga akan mengantisipasi permainan pantang menyerah dari para pemain Maluku.

“Semangat kedaerahan dan nothing to lose. Mereka itu main bebas tanpa beban. Mudah-mudahan, kita tidak lalai. Kita akan berusaha berbuat jauh lebih baik lagi,” ucapnya saat ditemui di GOR Graha laga Tangkas Futsal, Minggu (25/9/2016).

Panca juga mengatakan, pihaknya sudah melupakan kemenangan atas Maluku di fase grup lalu. Ia mengatakan, fase grup dan final kondisinya akan jauh berbeda.

“Ya jelas kita lupakan kemenangan di penyisishan. Soalnya sudah beda lagi, baik dari segi mental dan motivasi bermain,” ucapnya.

Pelatih Biangbola itu pun berharap pada laga final nanti, para suporter bisa kembali hadir untuk mendukung perjuangan tim futsal Jabar berlaga di partai final. Ia mengatakan, kehadiran suporter sangatlah penting untuk membangun semangat dan mentalitas anak asuhnya untuk berjuang dengan maksimal demi meraih medali emas PON XIX/2016.