Cara dan Tips Merawat Gigi Berlubang

by -1,877 views
 
Cara dan Tips Merawat Gigi Berlubang
Jatinangorku.com   – Gigi yang berlubang kerap mendatangkan masalah bagi seseorang, baik masalah bau mulut dan juga sakit gigi. Secara umum gigi berlubang dapat diakibatkan karena terjadinya pengeroposan pada gigi yang berlangsung secara terus menerus. Bahkan kadang keberadaan gigi berlubang tidak dapat terlihat dengan jelas, karena letaknya yang tersembunyi, serta kurangnya perhatian untuk melihat kondisi gigi secara berkala.
 
Meski terkadang keberadaan gigi berlubang tidak dapat terlihat dengan jelas, tetapi beberapa tanda gigi berlubang dapat diketahui dengan mengenali ciri-cirinya seperti halnya ada tampak bintik-bintik hitam pada permukaan gigi, meski belum menyebabkan rasa sakit.
 
Bila keberadaan bintik-bintik tersebut dibiarkan, maka bukan tidak mungkin jika pada suatu saat akan timbul lubang pada permukaan gigi dan akan disertai dengan rasa ngilu ketika terjadi rangsangan rasa asam atau manis dari makanan yang dikonsumsi. Bila hal ini masih tetap dibiarkan berlarut, maka bukan tidak mungkin pula lubang gigi akan semakin besar, dan kedalamannya akan mencapai lapisan tulang gigi.
 
Bagi Anda yang saat ini mengalami masalah dengan gigi, khususnya keberadaan gigi yang berlubang, maka berikut ini akan dipublikasikan beberapa cara merawat gigi berlubang agar tidak sakit, sekaligus agar menjadikan nafas tetap segar, dan terbebas dari bau mulut.  Konsumsi multivitamin yang dapat membantu penyerapan kalsium untuk menguatkan gigi yang berlubang.
Gunakan pasta gigi khusus berlubang yang mengandung flouride untuk mencegah pembesaran lubang pada gigi. Sikat gigi secara perlahan, mulai dari bawah ke atas. Lakukan minimal dua kali sehari yaitu pagi hari setelah sarapan dan malam hari sebelum tidur.  
 
Hindari makanan dan minuman manis atau asam untuk mencegah terjadinya rasa ngilu.   
Pemeliharaan gigi harus dilakukan setiap enam bulan sekali untuk memastikan kebersihan dan kesehatan gigi.   
Gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut. Untuk menjangkau bagian terdalam, gunakan pasta gigi anak-anak yang ukurannya lebih kecil.   
Tahap berikutnya dokter akan melakukan pengobatan. Jika kondisinya sudah membaik maka rasa ngilu sudah tidak dirasakan lagi dan dokter akan melakukan penambalan pada gigi Anda.
Perawatan gigi berlubang memang sesuatu hal yang wajib selalu diperhatikan. Sebab bukan tidak mungkin keberadaan gigi yang berlubang akan menyebabkan berbagai kelainan pada bagian lain dari tubuh kita, seperti misalnya, keberadaan mata yang terganggu, ramatik, kelainan jantung, ginjal dan lain sebagainya. Dengan demikian, maka perawatan gigi sudah sepantasnya selalui diupayakan sedini mungkin.