Cara Mengatasi Stres Sehari-Hari Lewat Makanan

by -26 views

Cara Mengatasi Stres Sehari-Hari Lewat Makanan

Cara Mengatasi Stres Sehari-Hari Lewat Makanan

Jatinangorku.com – Soal pekerjaan, cinta, dan problem-problem lainnya bukanlah satu-satunya yang menyebabkan stres selalu datang menyapa Anda. Para ahli gizi mengatakan bahwa apa yang Anda makan ternyata bisa meningkatkan stres atau juga menurunkannya.

Seperti dilansir Huffingtonpost.com, di era digital ini, sebagian besar orang mengaku selalu mengalami stres setiap hari. Stres yang hadir mengganggu tidur, kenyamanan, selera makan, konsentrasi, dan lain sebagainya. Bahkan hal-hal kecil seperti mengemudi, berita di televisi atau di media internet, atau status seorang teman saja bisa membuat seseorang stres.

Stres ini tidak hanya mendatangkan masalah ringan, tetapi bisa menjadi masalah berat apabila tidak segera ditangani. Stres memberikan pengaruh yang sangat besar terhadap penambahan berat badan, tekanan darah, menurunkan produktivitas dan metabolisme tubuh serta memicu aneka penyakit.

Menurut ahli diet Keri Gans, inilah tips mengatasi stres dengan makanan atau minuman, yang dapat dipraktekkan dalam keseharian.

Jauhi kopi

Kopi kedengaran seperti minuman yang sangat meningkatkan produktivitas bagi kebanyakan orang. Biasa dinikmati di pagi hari dengan harapan agar lebih bersemangat dalam menjalani keseharian.

Sayangnya terlalu besar kandungan kafein yang dikonsumsi justru menyebabkan kecemasan dan hilang konsentrasi. Anda juga jadi sensitif, gugup dan mudah stres.

Pertimbangkan untuk menunda minum kopi di pagi hari, dan gantikan dengan teh hitam yang sarat akan antioksidan serta cenderung membantu meningkatkan energi di dalam tubuh.

Hindari asupan garam

Kalau Anda melihat lagi menu makan siang yang Anda konsumsi, coba hitung, berapa banyak kira-kira garam yang ada di dalamnya? Yeap, makanan sarat sodium ini bisa menyebabkan tekanan darah tinggi, stres, dan aneka problem kesehatan lainnya.

Hindari junk food dan makanan kalengan

Menu makanan junk food, makanan kalengan, memang rasanya lezat dan bikin ketagihan. Sayangnya di balik kelezatan mereka tersimpan banyak hal yang bisa menyebabkan problem kesehatan dan stres.

Entah itu kalorinya, sodiumnya, yang dalam waktu singkat dapat menyebabkan keletihan dan lesu.

Memilih makanan ringan

Tidak salah kok kalau Anda termasuk orang yang suka ngemil. Camilan yang sehat bisa menyediakan protein, serat, vitamin dan mineral yang justru membantu mengatur stres. Aneka nutrisi tersebut bisa Anda peroleh dari buah-buahan, sayuran dan kacang-kacangan.

Kurangi kebiasaan makan gorengan

Makanan berlemak dapat menyumbangkan stres yang begitu besar pada tubuh Anda. Efek kandungan lemaknya memperburuk kondisi stres dan jantung. Umumnya lemak tinggi ini didapat lewat gorengan, sehingga memang sudah seharusnya Anda mengurangi kebiasaan makan makanan yang diolah dengan cara digoreng.

Selain trik di atas, disarankan juga agar tidak selalu mencoba mengatasi stres dengan minum minuman beralkohol. Alkohol hanya akan memberikan kepuasan sesaat saja, selebihnya alkohol justru akan membuat Anda justru semakin stres karena problem kesehatan yang Anda alami.

Sumber : http://www.vemale.com/