Cara Menghilangkan Begadang

by -11 views

Cara Menghilangkan Kebiasaan Begadang

Jatinangorku.com – Insomnia adalah kesulitan untuk tidur atau kesulitan untuk tetap tertidur, atau gangguan tidur yang membuat penderita merasa belum cukup tidur pada saat terbangun.

1. buat hari harimu lebih capai pada waktu siang hari agar kondisi badan kekurangan energi sehingga tubuh akan meminta istrirahat dengan bersantai sampai tertidur jangan lupa jika malam sudah menjelang makan terlebih dahulu baru di lanjutkan dengan beristirahat. 

2. cari suasana baru buat tidur mungkin cara tidurnya salah kali ya, coba tidur dengan kebiasaan terbalik, misal lampunya di matikan atau dinyalakan, kamar berantakan menjadi rapih atau sebaliknya, jangan lupa malam harus makan agar tengah malam tidak lapar untuk cari makan.

3. sering olahraga tiap hari, tidak usah complex cukup pemanasan dan sedikit pendinginan.

4. ada juga beberapa orang melakukan kebiasaan minum air mineral yang dianjurkan 11 gelas tiap hari 

Akibat buruk begadang atau kurang tidur
Tidak hanya menganggu aktivitas Anda di hari berikutnya tetapi juga membuat Anda bertambah gemuk dan terlihat lebih tua dari usia sebenarnya.

Orang-orang yang tidur kurang dari empat jam semalam berisiko 73 persen lebih besar mengalami berat badan berlebih. Sedang gangguan tidur bisa memicu keranjingan makan hingga 900 kalori ekstra per hari. Asupan berlebih ini bisa memicu penambahan berat badan sebanyak satu kilogram seminggu. Temuan ini menunjukkan bahwa meskipun partisipan tidak memiliki masalah berat badan sebelumnya, berat mereka akan bertambah seiring dengan pengurangan jam tidur.

“Kurang tidur menstimulasi hormon pengatur selera makan,” terang Taheri. “Kurang tidur, lanjut dia, memicu penambahan kadar ghrelin (hormon yang menambah selera makan) dan menurunkan kadar leptin (hormon yang memberi sinyal bahwa tubuh sudah kenyang).

Selain mengganggu aktivitas, kurang tidur juga berakibat buruk bagi kesehatan. Efek kurang tidur berulang, mungkin tidak terlalu dirasakan, khususnya oleh orang usia 20-an yang masih penuh energi. Akan tetapi, kurang tidur ini akan mempengaruhi penampilan seiring usia.

Yang lebih mencemaskan lagi, perempuan yang tidur kurang dari lima jam semalam berisiko 45 persen lebih besar mengalami penyakit jantung. Di samping itu, gangguan tidur juga mengganggu tekanan darah (yang biasanya menurun di malam hari) dan membuat Anda lebih rentan terserang demam dan flu.

Sumber : http://caramenghilangkanbegadang.blogspot.com