Cegah Terorisme, Masyarakat Jangan Cuek Pada Lingkungan

by -13 views
Masyarakat harus berperan aktif dalam mencegah aksi terorisme yang berpotensi terjadi di negara Indonesia, termasuk Jawa Barat. Pencegahan teror bisa dilakukan dari lingkungan yang paling kecil dahulu dimulai dari lingkungan masyarakat.
Wakil Gubernur Jawa Barat Deddy Mizwar mengatakan, jika masyarakat cuek dan masa bodoh dengan lingkungan sekitarnya maka bukan tidak mungkin terorisme akan berkembang biak dengan cepat. Pasalnya, kata Deddy, terorisme bisa terjadi kapan saja dan di mana saja tanpa diduga-duga.
“Kalau kita cuek maka nanti yang akan jadi korbannya ya kita sendiri,” kata Deddy kepada wartawan usai menggelar apel kesiapan pengamanan Natal 2016 dan Tahun Baru 2017 di Jalan Diponegoro, Bandung, Kamis (22/12/2016).
Menurutnya, partisipasi masyarakat dalam mencegah terorisme sangat dibutuhkan oleh pemerintah karena akan sangat membantu kinerja aparat keamanan yang menjaga setiap jengkal negara. Terlebih Indonesia akan memberlakukan aturan bebas visa bagi 170 negara asing di masa mendatang, yang berpotensi akan semakin membuka pintu terorisme lebih terbuka dan memberatkan tugas aparat keamanan Indonesia.
Maka dari itu, Deddy meminta masyarakat untuk lebih peka terhadap peristiwa-peristiwa yang terjadi di lingkungan sekitarnya. Sebab jika peraturan bebas visa bagi 170 negara nanti sudah diberlakukan akan semakin memberatkan aparat keamanan.
“Jangan masa bodoh terhadap lingkungan, bukan hanya peduli kepada masyarakat yang susah tetapi juga terhadap kejadian-kejadian di sekeliling kita harus segera dilaporkan. Kalau enggak, bisa-bisa nanti kita atau mungkin saudara dan keluarga kita yang menjadi korban,” kata Deddy.
Masalah keamanan negara Indonesia, lanjut Deddy, bukan sekadar tugas pemerintah dan aparat semata. Melainkan juga menjadi tugas para warga negara di masing-masing lingkungannya. Meski demikian, dia mengingatkan, terkait penegakan hukum tetap menjadi tugas aparat yang berwajib dan bukan wewenang masyarakat.
“Selama ada hal yang mengancam kehidupan bernegara dan masyarakat, maka harus diamankan dan diproses secara hukum. Siapapun orangnya yang berupaya merongrong kedaulatan negara maka harus ditindak. Tidak ada kompromi,” pungkas Deddy.