Ciamis Minta Pintu Tol di Projek Koridor Cileunyi – Banjar

by -29 views

Jatinangorku.com – Pemerintah kabupaten Ciamis minta dibangun pintu tol terkait dengan pembangunan koridor tol Cileunyi – Kota Banjar sepanjang 126 kilometer. Tanpa adanya pintu tol, tatar galuh Ciamis tidak mendapatkan hasil maksimal dari keberadaan jalan tol yang rencananya bakal menghabiskan anggaran sebesar Rp 5.752 triliun.

“Bagi Ciamis keberadaan pintu tol sangat penting, karena akan membuka akses berbagai kegiatan perekonomian maupun pariwisata. Jangan sampai Ciamis hanya terlewati begitu saja tanpa mendapat hasil maksimal dari infrastruktur tersebut,” tutur Kepala Bidang Fisik dan Prasarana , Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kabupaten Ciamis ,Tino Armyanto, Kamis (28/5/2015).

Dia mengungkapkan berdasar hasil kajian lebih mendetail semula ada tiga alternatif tuas tol dari Nagreg – Kota banjar. Pertama yakni dari kawasan Nagreg lewat Malangbong – Rajapolah – Tasikmalaya – Ciamis – Banjar. Kemudian Nagreg – Tasikmalaya – Ciamis – Banjar, serta alternatif ke 3, yakni Nagreg – Garut – Tasikmalaya – Ciamis – Banjar.

Jalan tol alternatif 1 sepanjang 107 kilometer dengan biaya sebesar Rp 4,874 triliun, alternatif 2. sepanjang 111 kilometer ( Rp 5,625 triliun) dan alternatif 3. sepanjang 126 kilometer (Rp 5,752 triliun. Berdasar pada perbadingan karakteristik tiga alternatif tersebut, Tino mengungkapkan bahwa yang dipilih adalah alternatif 3.

“Saat ini sedang dibuat DED nya (Detail Engineering Design). Sebenarnya buat Ciamis seluruh alternatif itu sudah pasti bermuara di Ciamis. sehingga tidak ada masalah menggunakan alternatif yang mana. Hanya saja yang wajib dibangun adalah pintu tol di Ciamis,” ungkapnya.

Menurut Tino berdasar kajian Bappeda Ciamis bersama instansi terkait, lokasi pintu tol berada di wilayah Imbanagara. Selain memiliki pintu tol, berkenaan dengan pengembangan insfrastruktur tersebut nantinya bakal diikuti dengan pembuatan jalan lingkar utara Ciamis. Akses tersebut berada di antara jalan nasional dan rencana pembuatan jalan tol Cileunyi – Tasikmalaya – Cilacap.

“Dari Imbanagara, bisa langsung menuju Cirebon atau Majalengka, serta menuju Bandara Kertajati. Selain itu juga langsung menuju Kota Banjar sampai ke Pangandaran atau lanjut terus menuju wilayah Provinsi Jawa Tengah,” tuturnya

Sumber : http://www.pikiran-rakyat.com/