Cimanggung, Tanjungsari, dan Jatinangor Hasilkan 3 Ton Sampah Per Hari

by -68 views

Sebanyak 30 ton sampah di tiga kecamatan yakni Kecamatan Cimanggung, Tanjungsari, dan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, diangkut setiap harinya. Jumlah tersebut belum termasuk dengan jumlah sampah yang tidak terangkut setiap harinya.

Hal itu dikatakan Kabid Kebersihan dan Pertamanan, Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Sumedang, Yayat, setelah memberikan sosialisasi penanganan sampah di aula Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Senin (31/10).

“Hal itu menunjukkan jika sampah rumah tangga di tiga kecamatan tersebut sangat banyak. Itu yang keangkut setiap harinya, belum yang tidak terangkut. Jadi sampah lebih dari 30 ton per harinya,” ujar dia.

Menurut dia, persoalan sampah yang setiap harinya semakin menggunung menjadi permasalahan yang sangat sulit diatasi. Untuk penanganan sampah tersebut harus dimulai dari kesadaran masyarakat itu sendiri.

“Memang sampah ini menjadi isu yang sudah biasa. Tapi untuk penanganannya masih sangat sulit. Harus ada kesadaran dari masyarakat. Karena butuh anggaran yang sangat besar untuk penanganannya,” kata dia