Cisumdawu Berdiri , Pedagang Pun Mengeluh

by -32 views

Cisumdawu Berdiri , Pedagang Pun MengeluhKehadiran Tol Cisumdawu setidaknya akan menjadi hantu bagi sejumlah pedagang, mereka terasa terancam mata pencahariannya bahkan dinilai akan melemahnya roda perekonomian di kabupaten sumedang,hal tersebut bentuk kekhawatiran dari sejumlah pedagang di sepanjang Jalur Tengah Provinsi Jawa Barat mulai dari Jatinangor hingga Sumedang Kota,sejumlah pedagang khawatir perekonomian di jalur nasional tersebut akan menurun saat Tol Cisumdawu mulai beroperasi nanti.

Yanto kusmawan (40) salah seorang pedagang oleh-oleh dan Ubi Cilembu warga Dusun Kaum, Desa Jatisari mengatakan, jika Tol Cisumdawu beroperasi,maka arus lalu lintas di Jalur Tengah Jawa Barat diperkirakan akan  sepi. Pasalnya, dipastikan pengendara akan lebih memilih jalan Tol Cisumdawu.

“Saya yakin nanti kalau beroperasi pasti banyak yang milih ke tol. Nanti yang lewat sini pasti semakin berkurang. Ini yang nanti mengancam penghasilan kita,” ujar Yanto saat ditemui elJABAR.com di kiosnya yang berada di samping Masjid Raya Tanjungsari, Rabu (31/05/2017).

Padahal, tambah Yanto, hampir mayoritas para pedagang oleh-oleh di Jalur Tengah tersebut usahanya tak begitu ramai dipadati para calon pembeli. Pasalnya, banyak diantara pengguna Jalur Tengah lebih memilih berbelanja di luar Sumedang.

“Palingan Tahu Sumedang yang dibeli. Kalau yang lainnya seperti Ubi Cilembu sama makanan ringannya kurang diminati. Ini yang kami khawatirkan. Kalau Tol Cisumdawu beroperasi semakin buntung dong usaha kami,” katanya.

Hal serupa juga diungkapkan Deni (43) pedagang lainnya. Menurut Deni, setiap hari kios oleh-olehnya lebih sering dikunjungi oleh pembeli lokal dan sopir angkutan umum atau sopir angkutan muatan barang.

Dengan kondisi tersebut, menurutnya, tidak banyak keuntungan yang didapatkannya. Pasalnya, pembeli lokal atau pun para sopir lebih memanfaatkan kiosnya untuk beristirahat dengan memesan camilan atau pun minuman.

“Kalau tiap hari mah paling sopir-sopir saja. Jarang malah kalau pembeli yang beli oleh-oleh. Kalau tol sudah ada, nanti sopir-sopir pasti memilih kesana dong,” kata dia.

Prediksi Kami tentang para pengguna jalan Jalur Tengah akan berpindah ke Tol Cisumdawu bukan tanpa alasan. Sebab, pengguna jalan menginginkan jalan yang mulus, tidak rusak, memikirkan waktu tempuh dan menghindari kemacetan.

“Tol kan pasti bagus jalannya. Enggak macet juga. Kalau lewat sini mah ya jalannya rusak, kadang macet juga. Pasti pindah kesana .” kata dia

Sumber : http://eljabar.com