COMMEX 2015: OMNISCIENT Sukses Menyelenggarakan Kegiatan Edukatif bagi Generasi Muda

by

Jababeka, 23 November 2015 – Dalam rangka menampilkan karya terbaik mahasiswa/i Ilmu Komunikasi President University, Cikarang, Jawa Barat, President University Major Association of Communications (PUMA COMM) atau HIMA Ilkom President University dengan bangga mempersembahkan Communication Exhibition 2015 atau disingkat menjadi COMMEX 2015. Acara yang bertemakan OMNISCIENT (Omni: All & Scient: Knowing) memiliki makna “pemahaman akan pengetahuan tanp batas”. Tema tersebeut diangkat untuk mendorong para generasi muda untuk memaknai sesuatu dari segala aspek tanpa batas sehingga terciptalah sebuah karya yang menarik. COMMEX 2015 dilaksanakan selama 4 hari, Senin-Selasa, 16-17 November 2015 dan Sabtu-Minggu, 21-22 November 2015. 4 jenis kegiatan edukatif yang berbeda secara spesial disiapkan untuk siswa/i, mahasiswa/i, dan masyarakat JABODETABEK dan Bandung: lomba fotografi, pameran karya, workshop, dan seminar.

Untuk menghasilkan karya yang luar biasa sebagai hasil interpretasi tema COMMEX 2015 tahun ini, tentulah tidak mudah dan patut diapresiasi. Oleh karena itu, COMMEX 2015 menyediakan wadah edukatif bagi masyarakat, khususnya para siswa dan mahasiswa/i untuk dapat menuangkan ide kreatifnya dalam Photography Competition yang dibuka untuk masyarakat umum se-JABODETABEK & Bandung dengan tema “All Seeing, Seeing Without Boundaries”. Pendaftaran dilakukan melaui gelombang pertama (23 Juli-23 Agustus 2015) dan gelombang kedua (3 September 2015-31 Oktober 2015). 10 finalis telah terpilih karyanya pada tanggal 6 November 2015 dan pengumuman pemenang dilakukan bertepatan dengan Workshop “Fashion Photography” hari Minggu, 22 November 2015. Karya tersebut dinilai oleh kurator yang handal seperti Naswan Iskandar dan Hermanto Laksana.

COMMEX 2015 juga telah berhasil menyelenggarakan pameran karya pada hari Senin-Selasa, 16-17 November 2015 di President Unversity dengan tema “Freedom of Expression”. Pameran karya pada hari pertama dilaksanakan di Lobby Gedung B, President University pukul 09.30-14.00. Sekitar 30 karya mahasiswa/i Desain Komunikasi Visual (DKV) dipajang dalam beberapa ‘akuarium kardus’. Pameran karya pada hari kedua COMMEX 2015 mengundang siswa/i SMA sekitar Cikarang dan mahasiswa/i President University untuk hadir di General Lecture “Photography: an Effective Way in Conveying the Message” oleh Hermanto Laksana (Dosen Desain Komunikasi Visual – President University), “Brush in Danger” Movie Screening and Discussion, Campus Touring, dan kunjungan pameran karya. SMA yang hadir adalah SMA Presiden, SMAN 1 Cikarang Barat, SMAN 1 Cikarang Selatan, SMAN 2 Cikarang Barat, dan SMKN 1 Cikarang Utara. Total keseluruhan peserta pada hari kedua ini mencapai lebih dari 100 orang. Pameran karya hari kedua menunjukkan 40 karya mahasiswa/i Desain Komunikasi Visual (DKV) yang dipajang dalam bentuk stan dan mobile hanging di mana beberapa panitia mebawa beberapa karya dan berkeliling di area kampus President University.

Di hari ketiga – Sabtu, 21 November 2015 – COMMEX 2015 juga sukses menyelenggarakan Seminar “Personal Branding” yang dibawakan oleh Amalia E. Maulana, menyadari pentingnya memiliki citra positif di dalam diri sendiri sebagai salah satu penentu kesuksesan dalam bidang apapun sebab orang yang memiliki karakter positif akan lebih mudah diterima oleh lingkungan ataupun orang lain dalam melakukan suatu aktivitas. Amalia E. Maulana yang merupakan seorang public speaker dan penulis buku Brandmate: Mengubah Just Friends menjadi Soulmates (Branding Solution Series), membagi ilmunya kepada seluruh peserta tentang bagaimana menjadi seseorang yang dapat direkomendasikan oleh orang lain melalui sesi penjelasan materi, tanya-jawab, dan diskusi. Acara dimulai pukul 13.00-16.00 WIB di Auditorium Conclave – Tendean Jakarta, dengan jumlah peserta 59 orang yang terdiri dari mahasiswa/i President University, mahasiswa/i dari 9 kampus lainnya, dan masyarakat umum (guru, karyawan, dll). Seluruh peserta sangat antusias dan merasa senang karena cara pembawan materi yang menarik sehingga semua ilmu yang diberikan dapat dipahami dan bermanfaat.

Di tempat yang sama dengan Seminar Personal Branding, COMMEX 2015 berhasil menyelenggarakan acara WorkshopFashion Photography” bersama Tirto Andayanto pukul 09.00-17.30 WIB. 13 peserta menghadiri workshop dan mendapatkan 1 full-day training yang dibimbing langsung oleh Tirto Andayanto dengan 3 model yang telah disediakan: Elyzia Mulachela (pemeran film Perahu Kertas dan Sepatu Dahlan, penyanyi lagu Cinta Yang Tak Mungkin), Jessica (Mahasiswi President University Fakultas Bisnis dan Endorser). Alessia Jawira (Mahasiswi President University Fakultas Manajemen dan Finalis dari Mr. & Ms. President University 2015). Ketiga model tersebut dirias oleh Olga (Make up Artist). Seluruh peserta melakukan praktek langsung baik indoor, outdoor, maupun mini studio yang sengaja dibuat oleh Tirto Andayanto bersama asistennya. Dihari yang sama, pengumuman lomba fotografi “All Seeing, Seeing Without Bondaries” diumumkan kepada 10 besar dengan hasil: Juara 1: Dita Fitria (President University); Juara 2: Feby Nurulita Dani; Juara 3: Adiansjah Rachman (Universitas Diponegoro). Pemenang juara 1 mendapatkan uang tunai Rp 1.500.000,00+Sertifikat+Suvenir, pemenang juara 2 mendapatkan uang tunai Rp 1.250.000,00+Sertifikat+Suvenir, pemenang juara 3 mendapatkan uang tunai Rp 1.000.000,00+Sertifikat+Suvenir.

COMMEX 2015 disponsori oleh PT. Jababeka, Tbk. dan PT. Bekasi Power, serta didukung oleh 13 media partners sehingga COMMEX 2015 dapat terselenggara dengan baik, yaitu Seputar Kampus, Event Jakarta, Kelas Penyiar Indonesia, 107,9 FM RTC UI, Student Job Indonesia, Jatinangorku, AcaraApa.com, Leo Clubs District 307 A1, UMN Radio, dan Untar Radio Universitas Tarumanagara, Jakarta Keras, dan Grafis Masa Kini, dan Showbiz Indonesia.