Cuaca Tentukan Jalur Mudik di Sumedang

by -53 views

Cuaca Tentukan Jalur Mudik di Sumedang

Jatinangorku.com – Bagi Anda yang akan mudik menggunakan jalur tengah, yaitu Sumedang, sebaiknya harus memerhatikan cuaca.

Ada beberapa jalur mudik di Sumedang yang bisa dilewati, namun tergantung dengan kondisi cuaca yang sedang terjadi. Pasalnya, jika hujan lebat, beberapa jalur atau jalan sebaiknya dihindari karena khawatir terjadi longsor.

Humas Polres Sumedang AKP Johny Andrijanto membenarkan hal ini. Menurutnya, beberapa jalur sebaiknya dihindari jika terjadi hujan lebat seperti jalur Rancakalong. Di sepanjang jalan ini, terdapat tebing yang sudah sering longsor. Pemudik lebih baik melewati jalur utama mudik saja yaitu Cadas Pangeran.

“Pemudik umumnya melewati jalur utama atau jalan raya utama saja yaitu jalan yang melewati Cadas Pangeran. Tapi kalau macet memang ada jalan alternatif ke Rancakalong. Tapi kalau hujan lebat sebaiknya hindari jalan alternatif ini, karena khawatir longsor,” kata Johny, Kamis (24/7/2014).

Sementara, Kepala Bidang Penanggulangan Bencana Apep Koharudin mengatakan, cuaca sangat menentukan kondisi alam di Sumedang mengingat batuan dan tanah di tebing dan jalan sangat labil. Namun sayangnya, cuaca kini juga tak menentu.

“Cuaca sangat berpengaruh, karena kondisi alam baik atau tidaknya ditentukan cuaca mengingat kondisi infrastruktur juga tidak terlalu baik, tapi harus pandai juga memperkirakan cuaca agar aman di perjalanan,” tutupnya

Sumber : http://www.inilahkoran.com/