Daftar Online, RSUD Sumedang Persingkat Waktu

by -378 views

Daftar Online, RSUD Sumedang Persingkat Waktu

Jatinangorku.com – RSUD Sumedang akan mempersingkat waktu tunggu pasien dengan cara membuka pendaftaran pasien via online dan SMS. Upaya ini dilakukan untuk meraih kualitas pelayanan standar internasional yang sedang dikejar RSUD Sumedang.

Cara ini baru akan dipersiapkan Agustus nanti dengan membangun infrastruktur sistem komputerisasi. Selama ini, pendaftaran dilakukan manual melalui loket pendaftaran. Waktu yang dihabiskan pasien mulai dari daftar sampai dipanggil dokter mencapai 45 sampai dengan 90 menit. Sementara, maksimal waktu tunggu standar pelayanan internasional hanya 30 menit.

Direktur RSUD Sumedang dr Hilman Taufik mengatakan, lamanya waktu tunggu pasien dikarenakan rekam medis pasien masih sulit ditemukan akibat banyaknya pasien. Rekam medis dikirimkan ke klinik dokter dengan cara manual sehingga menambah waktu tunggu pasien.

Dengan mendaftar online atau sms, sistem mencatat pendaftaran pasien. Setelah itu akan ada pemberitahuan langsung tentang perkiraan waktu kedatangan pasien.

“Di sistem itu, pasien sudah diberitahu kapan harus datang ke rumah sakit untuk segera dipanggil dokter. Intinya, pasien tidak lama menunggu pemeriksaan,” terang Hilman.

Selain upaya pencapaian standar pelayanan internasional, RSUD juga sedang mengembangkan operasional pelayanan dengan sistem paperless atau tanpa kertas.

“Rekam medis nanti akan berbentuk digital. Jadi dokter di klinik tinggal membuka rekam medis di tempat periksa dan tidak harus menunggu buku rekam medis diberikan tim pendaftaran,” ucap Hilman.

Paperless juga akan diberlakukan pada pemberian resep. Resep tak akan dituliskan dalam secarik kertas melainkan sistem digital yang akan langsung terakses bagian farmasi.

Hilman menegaskan, semua ini baru akan dipersiapkan Agustus nanti. Namun, sistem analog atau manual pada pendafataran, rekam medis, dan resep tidak akan dihapuskan sebelum benar-benar cara digital ini sukses

Sumber : http://www.inilahkoran.com/