Dalam Memublikasikan Tempat Wisata, Pemkab Sumedang Harus Lebih Fokus

by -11 views

Dalam Memublikasikan Tempat Wisata, Pemkab Sumedang Harus Lebih Fokus

Jatinangorku.com – Sejumlah pengusaha hotel dan restoran di Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang berharap Pemkab Sumedang melalui dinas terkait lebih fokus dalam mengedepankan sistem informasi dan teknologi. Terutama di bidang publikasi dan kemudahan akses tempat-tempat wisata di Kec. Jatinangor.

Kemudahan akses termasuk via internet dan pemetaan wilayah akan membuat wisatawan tidak kesulitan menemukan dan menjangkaunya. 

“Intinya dunia pariwisata itu menjual jasa. Pertama dari segi pelayanan harus bisa optimal. Kedua, kebersihan dan tata kelola. Ketiga, tempat wisata itu harus mudah diakses misalnya dengan memanfaatkan dunia maya. Jadi para pelancong bisa melihat dulu di internet,” kata pengelola Bandung Giri Graha (BGG), Dede Ivan Sofiyan kepada wartawan, Rabu (11/9).

Untuk mewujudkan Kab. Sumedang sebagai daerah tujuan wisata memang bukan perkara mudah. Dibutuhkan perombakan mulai dari Dinas Perhubungan dan Komunikasi, Dinas Pariwisata hingga Dinas Pekerjaan Umum.

“Kenapa Dinas Perhubungan? Karena sebagai penunjang moda transportasinya. Untuk sampai ke tempat wisata, harus menggunakan alat. Termasuk infrastruktur jalan, dalam hal ini Dinas Pekerjaan Umum. Karena tidak mungkin jalan ke tempat wisata amburadul,” katanya.

Terakhir, Dinas Pariwisata dan Budaya harus memperlihatkan karya terbaiknya melalui publikasi. Bisa dengan pemanfaatan teknologi atau media massa.

“Jika ketiga dinas itu tidak bersinergi, Kab. Sumedang sebagai destinasi wisata di Jawa Barat sulit terwujud,” katanya didampingi Manager Hotel Puri Indah Katulistiwa, H. Toto.

Sumber : http://klik-galamedia.com