Dalam Pilkada Rakyat Tetap Harus Dilibatkan

by -11 views

Jatinangorku.com – Tokoh pemuda Kec. Rancaekek, Kab. Bandung, Yopi Ahmad mengatakan, dalam pemilihan kepala daerah (pilkada) tetap harus dilaksanakan secara langsung dan melibatkan rakyat.

“Supaya rakyat bisa menentukan pilihannya dalam pelaksanaan pilkada,” kata Yopi kepada klik-galamedia.com di Rancaekek, Rabu (10/9/14).

Dikatakan Yopi, jika pelaksanaan pilkada dikembalikan secara tidak langsung dan dipilih oleh DPRD, rawan terjadinya “permainan”. Sebab pemilihan melalui DPRD tak menjamin pilkada itu dilangsungkan secara jujur dan transparan.

“Jika pilkada dikembalikan dan dipilih DPRD, sehingga banyak rakyat yang tidak dilibatkan untuk menentukan pilihannya dalam memilih kepala daerah,” katanya.

Sebab, kata dia, masih banyak rakyat yang menjadi massa pendukung calon anggota DPRD yang tidak terpilih dan duduk di bangku legislatif.

“Untuk itu, mereka yang tak terwakili oleh calon anggota DPRD yang tidak terpilih harus dipikirkan. Soalnya, mereka juga punya hak untuk menentukan pilihannya,” katanya.

Intinya, kata dia, sebagai pemuda di Rancaekek mengharapkan pilkada tetap di pilih langsung oleh rakyat. “Pilkada tak langsung itu tak menjamin bebas dari permainan atau kolusi di antara pihak yang ingin meloloskan kepala daerah. Lain halnya dengan pemilihan langsung, semua pihak bisa saling mengontrol. Apalagi semua rakyat yang memiliki hak suara turut dilibatkan,” pungkasnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/