Dampak Aktivitas Galian Pasir, Lereng Tampomas Kian Memprihatinkan

by -15 views

Dampak Aktivitas Galian Pasir, Lereng Tampomas Kian Memprihatinkan

Jatinangorku.com – Lerengan Gunung Tampomas, yang masuk ke wilayah administratif Kecamatan Cimalaka Kab.Sumedang, kondisi lingkungannya sangat memprihatinkan. Disekitar lokasi itu, terlihat sejauh mata memandang hamparan lahan yang gersang dan tak beraturan, setelah ditelantarkan pengusaha pemegang ijin usaha penambangan (IUP).

Kerusakan lingkungan di Lereng Gunung Tampomas, dampaknya sudah dirasakan langsung oleh masyarakat yang bermukim disekitarnya. Misalnya suhu udara menjadi meningkat, serta sejumlah sumber mata air di sekitar wilayah tersebut, mengalami penurunan debit.

“Tentunya masalah tersebut telah menjadi keprihatinan bagi kita. Bayangkan, ratusan hektar di Lereng Tampomas, ditelantarkan begitu saja. Padahal sesuai ketentuan, setiap pemegang IUP berkewajiban untuk melakukan reklamasi setelah selesai melakukan eksploitasi. Dampak yang timbul akibat kerusakan lingkungan tersebut, sangat merugikan masyarakat yang ada disekitarnya,” kata Ceceng, pegiat pelestarian lingkungan kepada “GM”, Kamis (1/5/14).

Menurutnya kerusakan lingkungan disekitar Lereng Tampomas, sebagai dampak aktifitas galian pasir yang diduga tidak mengacu pada panduan buku rencana eksploitasi tambang (Bret) serta lemahnya pengawasan yang dilakukan oleh lembaga terkait.

“Kerusakan lingkungan Lereng Tampomas, setidaknya bisa diminimalisir, seandainya pengawasan dari lembaga terkait berjalan dengan baik. Oleh sebab itu, dengan terjadinya kerusakan lingkungan yang terjadi dilokasi galian pasir, wajar kalau ada anggapan antara lembaga terkait dengan pemegang IUP terjadi kongkalingkong,” ujarnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/