Dampingi Calhaj, TPHI Kerahkan 227 Orang

by -57 views

Dampingi Calhaj, TPHI Kerahkan 227 Orang

Jatinangorku.com – Sebanyak 227 Tim Petugas Haji Indonesia (TPHI) yang terdiri atas ketua regu (karu) dan ketua rimbongan (karom) siap mendampingi calon haji asal Kota Bandung tahun 2013.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kementerian Agama Kota Bandung, Drs. H. Agus Safari Mulyawan, M.Si. saat dikonfirmasi “GM”, Minggu (1/9) menjelaskan, karu dan karom telah ditempa mengikuti pelatihan selama dua hari di Gedung IPHI Kota Bandung.

“Umumnya mereka calon haji dan ditunjuk para calon haji saat melakukan kegiatan manasik yang diselenggarakan Kantor Urusan Agama dan Kemenag Kota Bandung,” kataAgus.

Dalam melaksanakan tugasnya, mereka lebih menekankan pada pengenalan adat istiadat di Tanah Suci. Mengingat kebiasaan di Tanah Air jangan sampai dibawa ke Tanah Suci.

Agus mencontohkan saat akan menuju kamar kecil para calhaj harus mendapat arahan agar membiasakan antre.

“Hal kecil tersebut sangat penting, biasanya bila tidak dilakukan sering terjadi keributan sesama jemaah. Akibatnya, para karu dan karom harus turun tangan mendamaikannya,” paparnya.

Ia meminta setiap karu dan karom menyosialisasikan kepada setiap calon haji agar menghilangkan kebiasaan buruk di Tanah Air.

Pada pelaksanaan pembinaan dapat diketahui jumlah setiap calhaj yang tergabung dalam Kelompok Bimbingan Ibadah Haji (KBIH) dan calon jemaah yang tergabung dalam jemaah mandiri.

“Kita telah melakukan pengelompokan, namun jumlahnya masih dihitung berdasarkan data jemaah yang ada,” katanya.

Sumber : http://klik-galamedia.com