DAMRI Rancaekek Kebutuhan Mutlak

by -225 views

RANCAEKEK (GM) – Keberadaan transportasi massal yang menghubungkan warga Kab. Bandung, khususnya di wilayah timur menjadi kebutuhan mutlak. Untuk itu, dinas dan instansi terkait harus segera mengakomodasi.

Demikian disampaikan Ketua Forum RW Rancaekek, Alan Suherlan dan Ketua Tim Peduli Lingkungan, Ir. Elan Jaelani saat ditemui “GM” di Rancaekek, Kab. Bandung, Selasa (27/3).

Menurut Alan, transportasi massal bus kota sempat beroperasi, namun mendapat kecaman dari pengemudi angkot, tukang becak, dan pengemudi ojek.

“Saya rasa jika pemerintah jauh-jauh hari melakukan sosialisasi kepada para awak angkot, tukang ojek, dan pengemudi becak, tentunya warga akan meresponsnya, sekaligus membantu karena untuk kepentingan umum,” kata Alan.

Hal senada disampaikan warga Desa Rancaekek Kulon, Ade Ilan (32). Pihaknya pernah mencoba naik bus kota dari Rancaekek ke Kota Bandung saat uji coba dilakukan selama hampir sebulan. Saat itu bahkan sudah ada keputusan dari Gubernur dan DPRD Jawa Barat.

“Seharusnya, pemerintah menindaklanjutinya, tentu warga tidak akan tinggal diam,” katanya.

Hal senada disampaikan pegawai swasta, Nandang (38). Bila pemerintah mengakomodasi trayek DAMRI di Rancaekek, pengguna kereta api akan banyak beralih karena angkutan ini selalu penuh, terutama menjelang jam masuk dan keluar kerja.

Oleh karenanya, lanjut Nandang, bila DAMRI kembali beroperasi, tentu akan mendapat sambutan antusias dan warga juga harus turut mengawalnya. “Kita sayangkan, dulu ada perusakan oleh pengemudi angkot tapi itu karena kurang komunikasi saja. Namun bila telah ada komunikasi akan mendapat persetujuan dari seluruh RT dan RW di wilayah Rancaekek,” katanya.

Sementara salah seorang anggota tim sosialisasi bus Kota Rancaekek, Ir. Elan Jaelani mengatakan, pihaknya menyayangkan ketidaktegasan dari pemerintah.

Sumber : klik-galamedia