Dana PNPM Sumedang Turun Tiga Kali Lipat

by -38 views

Jatinangorku.com – Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) digulirkan untuk membantu pembangunan fisik dan non fisik di sejumlah daerah dengan basis pemberdayaan masyarakat.

Tahun 2014 ini, dana PNPM mengalami penurunan sebanyak Rp9 miliar dari semula Rp30 miliar. Meski persentase pengurangan relatif kecil yaitu 11,8%, namun cukup mengubah rencana dan anggaran biaya kegiatan PNPM.

Seperti di Kecamatan Sumedang Utara. Kepala Seksi Pemberdayaan Masyarakat Desa Kecamatan Sumedang Utara Kohar Ahmad mengatakan, pengurangan secara nasional yang juga dialami kabupaten juga terjadi di kecamatan ini.

“Sumedang Utara sebelumnya diberikan sebesar Rp800 juta untuk tujuh desa, namun karena terdapat pengurangan bantuan dari pemerintah pusat sebanyak 11,8 persen maka bantuan yang diberikan hanya sebesar Rp710.000 atau dikurangi Rp90 juta,” kata Kohar.

Tahun-tahun sebelumnya, dana PNPM Sumedang mencapai Rp36 miliar-40 miliar. Agar dana ini tetap mengucur ke kabupaten, harus tersedia dana sekitar Rp3 miliar di APBD Sumedang. Dengan adanya pengurangan dana PNPM, maka dana pendamping ini otomatis akan berkurang.

Anggota DPRD Sumedang Nurdin Zaen membenarkan adanya rencana pengurangan dana PNPM ke Sumedang. Pengurangan ini otomatis akan mengurangi pula alokasi dana pendamping dari APBD.

Namun, berapapun jumlah dana pendamping yang dibutuhkan akan dialokasikan. Apalagi jika melihat kegiatan PNPM memang dibutuhkan. Sementara penyaringan kegiatan PNPM sendiri dilakukan bersamaan dengan musyawarah rencana pembangunan sebelum dimulainya pembahasan APBD.

“Jadi kalaupun kegiatannya memang dibutuhkan, dana pendamping berapapun akan dikucurkan. Tapi sekarang memang ada pengurangan alokasi dari pusat dengan alasan ada beberapa rencana kerja pembangunan yang ditunda terlebih dahulu,” kata Nurdin

Sumber : http://www.inilahkoran.com/