Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Eceng Gondok Dapat Digunakan Pupuk Organik

by -141 views

Dapat Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Eceng Gondok Dapat Digunakan Pupuk Organik

Jatinangorku.com – Ketua Bidang Lintas Lembaga dan Kemitraan Dewan Pimpinan Pusat Komunitas Pohon Indonesia (DPP KPI), Koko K.R. Anggapradja mengatakan, tanaman eceng gondok yang tumbuh di daerah perairan danau atau kolam sangat besar manfaatnya.

“Eceng gondok dapat dimanfaatkan menjadi pupuk organik untuk menyuburkan tanaman dan perbaikan unsur hara tanah,” kata Koko kepada klik-galamedia.com di Rumah Makan Citra Rasa Jalan Raya Nagreg, Desa Citaman, Kec. Nagreg, Kab. Bandung, Kamis (11/6/14).

Dikatakan, eceng gondok yang diambil dan dibersihkan dari Situ Bagendit, digunakan untuk bahan baku pembuatan pupuk organik. “Nilai manfaat dari pembuatan pupuk organik dari bahan baku eceng gondok itu, selain untuk menyuburkan tanaman, juga memiliki nilai ekonomi bagi masnyarakat setempat,” katanya.

Untuk itu, ia mendorong kepada para petani untuk menggunakan pupuk yang didaur ulang dari eceng gondok untuk bahan pupuk organik tersebut. Bahkan, untuk membuat pupuk organik dari eceng gondok itu, pihaknya memberikan mesin/peralatan untuk pembuatannya. Sehingga warga tinggal mengerjakannya. Ia melakukan gerakan memanfaatkan pupuk organik itu terkait dengan negara Indonesia ini sebagai negara yang subur dan kaya raya

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/