Dari 3.250 PTS di Indonesia 70 Persen PTS di Luar Jawa Kurang Bagus

by -36 views

Dari 3.250 PTS di Indonesia 70 Persen PTS di Luar Jawa Kurang Bagus

Jatinangorku.com – Sebanyak 3.250 lebih Perguruan Tinggi Swasta (PTS) di Indonesia, sekitar 70 persen kondisinya tak sebagus seperti PTS yang ada di Pulau Jawa. Sehingga keberadaan PTS di luar Pulau Jawa perlu mendapatkan perhatian sejumlah pihak.

“Jika di antara perguruan tinggi tersebut masih ada yang belum mendaftarkan diri untuk kesediaan diakreditasi oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT) hingga  batas terakhir 10 Agustus 2014 mendatang, perguruan tinggi tersebut  harus ditutup,” kata Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swast IIndonesia (APTISI) Wilayah IV Jawa Barat, M. Budi Djatmiko kepada “GM” di lingkungan Yayasan Pendidikan Al Ma’soem (YPAM) Jalan RayaCipacing, Kec. Jatinangor, Kab. Sumedang, Selasa (22/7/14).

Budi menyampaikan hal itu seusai pertemuan dengan sejumlah pimpinan perguruan tinggi swasta di wilayah selatan Bandung, Jatinangor Kab.Sumedang dan wilayah lainnya di lingkungan AMIK Al Ma’soem.

Menurut Budi, tanggal 10 Agustus itu merupakan batas terakhir mengajukan surat kesediaan untuk  diakreditasi BAN PT. “Jika tetap tidak mendaftar sampai batas terakhir tadi, maka sesuai dengan Undang-Undang Pendidikan Tinggi No. 12 tahun 2012 pasal 54, perguruan tinggi tersebut ditutup,” kata Ketua Bidang Organisasi APTISI Pusat ini. 

Menurutnya, perguruan tinggi yang ditutup artinya tak terakreditasi. Untuk itu, Budi menghimbau kepada PTS yang belum mendaftarkan diri untuk segera mengirimkan surat pernyataan kesediaan  untuk diakreditasi oleh BAN PT. “Surat pernyataan itu dengan dilampiri surat izin pendirian perguruan tinggi pertama ke BAN PT,” katanya.

Sebelumnya, kata dia, hak akreditasi institut perguruan tinggi sempat ditunda. Penundaan itu setelah APTISI mendesak dan meminta waktu mundur ke Dirjen Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI. “Ternyata disetujui untuk menunda borang hingga lima tahun dan terakhir pendaftaran pada 10 Agustus 2014,” ucapnya lagi.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/