Debat Cagub Jabar Akan Digelar di Unpad Jatinangor

by -50 views


JATINANGOR

Dalam masa kampanye calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat, kelima pasangan cagub-cawagub akan mengikuti debat calon sebanyak tiga kali. Kegiatan itu akan dimulai dari tanggal 7 hingga 20 Februari 2013 mendatang dengan disiarkan langsung oleh tiga televisi nasional, salah satunya Kompas TV.

Hal itu diungkapkan Ketua Tim Pokja Kampanye Pilgub Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Barat, Teten Setiawan, kepada wartawan di Kantor KPU Jabar, Jalan Garut, Bandung, Jawa Barat, Kamis, (20/12/2012).

“Masa kampanye diberlakukan selama 14 hari. Dalam masa itu, akan dilakukan debat antarpasangan calon,” kata Teten, Kamis, (20/12/2012). Teten menjelaskan, debat pertama akan digelar pada 7 Februari 2013 di Universitas Indonesia (UI) kampus Depok dengan disiarkan langsung oleh Metro TV. Debat kedua akan digelar pada 14 Februari 2013 di Universitas Padjadjaran (Unpad), Jatinangor, dengan disiarkan langsung oleh Kompas TV. Sementara debat ketiga akan digelar pada 20 Februari 2013 yang rencananya akan dilakukan di salah satu hotel Bandung dengan disiarkan langsung oleh TV One.

Menurutnya, debat kedua yang disiarkan langsung oleh Kompas TV di kampus Unpad, Jatinangor, akan melibatkan para rektor sebagai panelis dan dihadiri langsung oleh para dosen dari beberapa universitas seperti ITB, Unpad, UI, UIN, dan beberapa perguruan tinggi swasta lainnya.

Sementara itu, untuk debat ketiga, akan dilibatkan sejumlah tim kampanye dari masing-masing pasangan calon. Untuk debat pertama, hanya dihadiri oleh kelima pasangan calon. “Hanya kedua dan ketiga, untuk yang pertama tidak melibatkan siapa pun,” jelas Teten

“Debat tersebut dilakukan untuk mengadu kekuatan argumen para kandidat. Kelimanya akan menghadapi panelis dan para rektor serta dosen. Mereka akan disidang seperti layaknya sidang akademik,” pungkasnya.

 
Editor :
Farid Assifa
sumber : kompas.com