Debat Publik Kedua Pilgub Jabar Momentum Tingkatkan Elektabilitas

by
Senin (14/5/2018), empat pasangan cagub/cawagub Jabar akan mengikuti debat publik kedua di Kampus UI Depok. Pengamat politik dari Universitas Parahyangan Asep Warlan Yusuf menilai, debat publik tersebut bisa jadi momentum meningkatkan elektabilitas.
 
“Mudah-mudahan (bisa meningkatkan elektabilitas). Sebab, yang belum memutuskan pilihan itu jumlahnya tinggi, bahkan mencapai 30 persen. Nah, debat publik bisa mempengaruhi mereka-mereka yang belum menentukan pilihan, sehingga bisa meningkatkan elektabilitas pasangan calon,” kata Asep saat dihubungi, Minggu(13/5/2018).
 
Pada debat publik pertama Pilgub Jabar, Litbang Kompas melakukan jajak pendapat melalui telepon kepada responden warga Jabar. Hasilnya, paslon Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum memperoleh apresiasi tertinggi, disusul Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi. Sementara Sudrajat-Ahmad Syaikhu dan Tb Hasanuddin-Anton Charliyan berada di urutan ketiga dan keempat.
 
Terkait hasil debat pertama tersebut, Asep tidak mau menyebut pasangan Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum lebih unggul dari yang lain. Menurut Asep, masing-masing pasangan calon saat itu memiliki keunggulan. Dia pun berpesan kepada pasangan calon untuk menyiapkan setidaknya tiga hal untuk menghadapi debat publik kedua ini.
 
“Yang pertama perhatikan waktu dengan tepat. Lalu gunakan kata-kata kunci, karena itu akan jadi hal yang berpengaruh terhadap pemilih. Misalnya kesejahteraan, keadilan,” kata Asep.
 
Kedua, lanjut dia, komunikasi saat mengikuti debat publik harus bagus. Cara penyampaian solusi terhadap sebuah masalah harus mudah dipahami. “Yang ketiga, kompak membagi waktu antara cagub dan cawagub. Meski waktu sudah ditentukan, masing-masing pasangan bisa berbagi peran,” tutup Asep.
 
Debat publik kedua Pilkada Jawa Barat akan digelar di Universitas Indonesia di Depok, Jawa Barat, pada 14 Mei 2018. Dalam debat kedua ini, para calon hanya akan menjawab empat pertanyaan dengan tema besar ‘Menjawab Tantangan Pembangunan Berkelanjutan Untuk Rakyat Jawa Barat’. [gin]