Deddy Mizwar : Kegiatan Reboisasi Perlu Diaudit

by -72 views

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menyatakan kegiatan reboisasi selama ini perlu dievaluasi kembali bahkan jika perlu diaudit. Termasuk perlunya pengusutan menyeluruh serta tuntas terhadap para pelaku terindikasi kerap melakukan penebangan pohon, dan alih fungsi lahan.

“Penegakan hukum harus benar-benar dilakukan terhadap siapapun yang merusak lingkungan, terutama perusak lingkungan pada kawasan hulu DAS Cimanuk.” tegasnya di Garut, Kamis (13/10/2016).

Dia juga mengingatkan pentingnya mengedukasi masyarakat mengenai pentingnya menjaga kelestarian lingkungan terutama berfungsi lindung. Termasuk pengelolaan obyek-obyek wisata di kawasan lindung yang harus memiliki syarat-syarat khusus. Begitupun penting mengedukasi masyarakat mengenai perlunya penegakan hukum ketika terjadi aksi perusakan lingkungan. Hal itu untuk mengantisipasi sebelum terjadi hal tak diinginkan.

“Kalau ada obyek wisata tak ada masalah. Tapi itu di kawasan seperti apa ? Kalau kawasan lindung, bagaimana pengelolaanya ? Kan harus khusus ? Ada syarat,” ujarnya.