Deddy Mizwar: Provinsi Jabar Paling Berbahaya Bencana

by -24 views

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar (Demiz) menegaskan, wilayah Jabar merupakan provinsi dengan potensi bencana sangat tinggi di Indonesia. Berdasarkan data, Jawa Barat memiliki 70 gunung berapi 40 daerah aliran sungai (DAS) serta patahan bumi Asia. Untuk itu, ia meminta warga untuk menjaga lingkungan hidup di sekitarnya.

“Di Indonesia, Jabar merupakan provinsi dengan potensi bencana sangat tinggi. Sehingga hulu sungai di 40 DAS tersebut harus benar-benar terjaga perlindungannya,” katanya di sela-sela kunjungannya ke Jembatan Putrapinggan Pangandaran yang putus, Rabu (12/10/2016).

Didampingi Bupati Pangandaran, Jeje Wiradinata, Demiz yang sampai ke Pangandaran pukul 13.45 WIB mencontohkan, seperti di hulu Sungai Cimanuk, jelas di sana terjadi penggundulan yang sangat signifikan, pihaknya akan terus berkoordinasi dengan pemerintahan pusat serta daerah untuk mengawasi kejahatan lingkungan hidup yang berdampak pada bencana alam.

Selain penyebabnya penggundulan hutan, lanjut dia, curah hujan yang tinggi menjadi faktor utama terjadinya banjir bandang, kemarin curah hujan sangat tinggi di atas 200 ml per detik. Di setiap kawasan Jawa Barat.

“Kami berharap masyarakat tetap menjaga lingkungan dan kelestarian hutan. Agar tidak akan terjadi bencana alam kembali,” pungkasnya.

Sementara untuk perbaikan jembatan Putrapinggan ini akan segera dilakukan perbaikan,hingga perekonomian di Pangandara khususnya akan segera puluh kembali.katanya.