Dede Yusuf, “Tugasnya Menjaga Buka Tutup Jalur” 2.000 Anggota Pramuka Bantu Gatur Lalu Lintas

by -26 views

Dede Yusuf, “Tugasnya Menjaga Buka Tutup Jalur” 2.000 Anggota Pramuka Bantu Gatur Lalu Lintas

Jatinangorku.com – Anggota Pramuka yang berasal dari para siswa SMA dan sederajat, membantu pengaturan arus mudik Lebaran di sejumlah titik jalur mudik di Jawa Barat dan sekitarnya.

Di setiap kota dan kabupaten di Jabar ada sekitar 2.000 anggota Pramuka yang diterjunkan ke lapangan. Setiap titik atau pos pengamanan rata-rata ditempati 20 anggota Pramuka.

“Setiap tahun anggota Pramuka dipersiapkan untuk membantu polisi mengatur lalu lintas,” kata Ketua Kwartir Daerah Jawa Barat, Dede Yusuf kepada wartawan.

Dede ikut memantau para anggota Pramuka yang membantu pengamanan arus mudik di Pos Polisi Tanjakan Nagreg, Jalan Raya Nagreg, Kec. Nagreg, Kab. Bandung, Kamis (24/7).

Sebelumnya, Dede bersama anggota Pramuka Peduli Mudik lainnya memantau jalur-jalur mudik di kawasan Cicaheum, Ujungberung, Cibiru, Cileunyi, Cicalengka hingga Nagreg.

Menurut Dede, anggota Pramuka diperbantukan di jalur-jalur jalan yang rawan kemacetan. Seperti di Pos Polisi Tanjakan Nagreg sampai ke jalur timur Banjar.

Dibina

Dede berharap para anggota Pramuka yang diperbantukan bisa dibina oleh petugas kepolisian. “Dalam tugasnya, anggota Pramuka ini menjaga buka tutup jalur,” katanya.

Sejumlah anggota Pramuka di kawasan Ujungberung Kota Bandung bertugas melakukan pagar betis, terutama di daerah Pasar Ujungberung.

Dikatakan Dede, sebenarnya di jalur tersebut tidak ada kendaraan yang mogok ataupun kemacetan. Namun di kawasan tersebut terdapat pasar tumpah yang dapat memicu kemacetan.

“Anggota Pramuka ini membantu mengurai kendaraan di jalan,” katanya.

Secara rutin, mereka juga membantu pemasangan kelengkapan rambu-rambu lalu lintas di jalur mudik Lebaran.

Berdasarkan hasil pemantauan di lapangan, kata Dede, cukup banyak rambu-rambu lalu lintas yang tertutup iklan atau poster.

“Karena itu, kami membantu dan menambahkan rambu lalu lintas sebagai penunjuk jalan,” katanya.

Rambu-rambu lalu lintas itu di antaranya dipasang/ditanam di wilayah Bekasi, Pantura, Ciamis, dan daerah lainnya. “Sudah ada ratusan rambu yang dipasang,” katanya.

Pemasangan rambu lalu lintas sangat bermanfaat. Sehingga jangan sampai tertutup oleh poster iklan atau lainnya.

“Mestinya pemasangan iklan atau poster itu jangan sampai menutupi rambu-rambu lalu lintas,” ujarnya.

Sumber : http://www.klik-galamedia.com/